Dimensi meta learning dalam transformasi pendidikan kristiani di Indonesia

Authors

  • Ana Lestari Uriptiningsih Sekolah Tinggi Teologi Kadesi
  • Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi Sekolah Tinggi Teologi KADESI, Yogyakarta
  • Carolina Etnasari Anjaya Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.597

Keywords:

Christian education, educational transformation, meta learning, transformasi pendidikan, pendidikan Kristen, pendidikan kristiani, dimensi pendidikan

Abstract

In the current digital era, life's challenges are increasingly complex, so it needs to be balanced by quality human resources superior to the previous era. In the context of Christian education, this can be realized through transformation efforts to form students who have a strong faith so that they are skilled at dealing with life's problems, can develop themselves into the character of Christ, and have an increasing impact on others and the world. This study aims to describe the importance of transforming Christian education and the gaps in its current implementation. The research method used is descriptive qualitative with a literature study approach to synthesize relevant previous research results. The results of this study indicate that meta-learning is a new "power" that can be developed to close the gap in the transformation of Christian education. Meta-learning is a dimension that goes beyond knowledge, skills, and character, which allows students to practice reflection: learning to adapt learning and behavior towards goals (learning how to learn). Two appropriate approaches were found in its application, namely the action-relational and collaborative approaches. 

 

Abstrak

Di era digital saat ini tantangan hidup semakin kompleks sehingga perlu diimbangi oleh sumber daya manusia yang berkualitas lebih unggul dari era sebelumnya. Dalam konteks pendidikan Kristiani hal tersebut dapat diwujudkan melalui upaya transformasi untuk membentuk anak didik yang beriman kuat, sehingga terampil mengatasi persoalan hidup, mampu mengembangkan diri, berkarakter Kristus, serta semakin berdam-pak bagi sesama dan dunia. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan tentang pentingnya transformasi pendidikan Kristiani dan kesenjangan dalam pelaksanaanya saat ini. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka untuk mendapatkan sintesis dari hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa meta learning merupakan ??Skekuatan? baru yang dapat dikembangkan agar dapat menutup kesenjangan transfor-masi pendidikan kristiani. Meta learning merupakan dimensi yang melam-paui knowledge, skiil, dan karakter, yang memungkinkan anak didik berlatih refleksi: belajar menyesuaikan pembelajaran dan perilaku searah tujuan (learning how to learn). Ditemukan  dua pendekatan yang sesuai dalam pene-rapannya, yaitu aksi-relasi dan kolaborasi.

References

Abustang, Nurhadifah Amaliyah - Waddi Fatimah - Perawati Bte. ??SModel Pembelajaran Inovatif Abad 21.⬝ Buku Pendidikan 1, no. 1 (2019): 1??128.

Andiyanto, Tri. ??SKonsep pendidikan pranatal, postnatal, dan pendidikan sepanjang hayat.⬝ Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar 4, no. 2 (2018): 195??204.

Arifianto, Yonatan Alex. ??SPeran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral di Tengah Era Disrupsi.⬝ Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (15 Juni 2021): 45??59. https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Banawi, Dwi. Pendidikan Holistik Dalam pembentukan Karakter. Surabaya: Global Aksara Pres, 2021.

Bulo, Andrias Kemal, Yonatan Alex Arifianto, dan Carolina Etnasari Anjaya. ??SMerawat Harmonisasi Kehidupan Beragama dan Berbangsa Melalui Internalisasi Nilai-nilai Pancasila di Lembaga Pendidikan Teologi.⬝ EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 5, no. 2 (2021): 342??50.

Dwikoryanto, Matius I Totok, Carolina Etnasari Anjaya, dan Reni Trifosa. ??SMembangun Critical Thinking Anak Didik dalam Pendidikan Kristen Abad 21 Melalui Research Based Learning.⬝ Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 69??80.

Dwikoryanto, Matius I Totok, Yudi Hendrilia, dan Carolina Etnasari Anjaya. ??SSekolah Kristen dan Pendidikan Agama Kristen dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0.⬝ Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I2.102.

Fadel, Charles, Maya Bialik, dan Bernie Trilling. Four-Dimensional Education : The Competencies Learners Need to Succeed. Boston: The Center for Curriculum Redesign, 2015.

Fernando, Andreas, dan Carolina Etnasari Anjaya. ??SPelayanan dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.⬝ MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 50??60. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.9.

Harjanto, Sutrisna. ??SVisi Pendidikan Berdasarkan Konsep Panggilan: Upaya Menemukan Arah yang Menyatukan Pendidikan Kristen di Berbagai Konteks Sutrisna.⬝ Indonesian Journal of Theology 1, no. 1 (2019): 46??71.

Harmadi, Mariani, dan Agung Jatmiko. ??SPembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.⬝ PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62??74.

Intarti, Esther Rela. ??SPeran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator.⬝ REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 28??40.

Juntak, Justin Niaga Siman. ??SPengaruh pemahaman panggilan guru Kristen terhadap pemberitaan Injil.⬝ EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 1 (2019): 9??20.

Limbong, Felia, dan Yonatan Alex Arifianto. ??SStrategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM.⬝ TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 41??51.

Masinambow, Yornan, dan Yosef Nasrani. ??SPendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial.⬝ PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 17, no. 1 (17 Mei 2021): 64??81. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.114.

Nurgiansah, T. ??SPemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0.⬝ In Prosiding Seminar Nasional ??SREAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA,⬝ 1:95??102, 2019.

Pujiono, Andrias, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. ??SGenerasi yang Unggul dalam Iman, Ilmu, dan Pengabdian di Era Industri 4.0.⬝ DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 5, no. 1 (2022).

Rahayu, Ahmad Hikmat. ??SPenerapan Metode Outbond Pada Pelatihan Penanaman Sikap Mental Disiplin Dan Jiwa Korsa PNSD Dalam Menumbuhkan Kinerja Pegawai.⬝ Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 13, no. 2 (2017).

Rinawati, Anita. ??STransformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi.⬝ Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3, no. 1 (2015).

Simanjuntak, Junihot M. ??SBelajar sebagai identitas dan tugas gereja.⬝ Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 1??24.

Simanjuntak, Ramses. ??SDampak Keteladanan Yesus sebagai Guru Agung bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini.⬝ Sanctum Domine: Jurnal Teologi 4, no. 2 (19 Desember 2016): 29??40. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.24.

Udang, Frety Cassia. ??SMenguatkan Keadaban Melalui Meta-learning.⬝ DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 56??65.

Utami, Sri. ??SMeningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru.⬝ In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:518??27, 2019.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Uriptiningsih, Ana Lestari, Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi, and Carolina Etnasari Anjaya. 2022. “Dimensi Meta Learning Dalam Transformasi Pendidikan Kristiani Di Indonesia”. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 8 (2):561-73. https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.597.

Issue

Section

Articles