Nilai pendidikan Kristiani “terimalah satu akan yang lain” dalam bingkai moderasi beragama

Rinto Hasiholan Hutapea

Abstract


This study specifically examined the interaction of IAKN Palangka Raya Christian students in a joint group of Real Work Lectures with IAIN Palangka Raya Islamic students and Hindu students kaharingan IAHN Palangka Raya. The location of special activities of Bukit Sua Village and Mungku Baru Village. The purpose of this study is also to examine and analyze the implementation of the value of Christian education "accept one another" Romans 15:7 in the framework of religious moderation. Empirical studies become the methods that researchers use to achieve these goals. The results stated that the interaction and implementation of the value of Christian education "accept one another" in the framework of religious moderation by Christian students in a combined group with Islamic students and Hindu Kaharingan students empirically realized very well. Christian students amid differences in faith in KKN activities can realize and apply the values of Christian education and religious moderation with indicators: attitude of acceptance with love, communication-based on love, cooperation based on love, attitudes that make room for differences in beliefs, and attitudes that accept local culture as part of religious expression.

 

Abstrak

Penelitian ini khusus mengkaji interaksi mahasiswa Kristen IAKN Palangka Raya dalam kelompok gabungan Kuliah Kerja Nyata dengan mahasiswa Islam IAIN Palangka Raya dan mahasiswa Hindu Kaharingan IAHN Palangka Raya. Lokasi kegiatan khusus Kelurahan Bukit Sua dan Kelurahan Mungku Baru. Tujuan penelitian ini juga untuk mengkaji dan menganalisis implementasi nilai pendidikan Kristiani “terimalah satu akan yang lain” Roma 15:7 dalam bingkai moderasi beragama. Studi empiris menjadi metode yang peneliti gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa interaksi dan implementasi nilai pendidikan kristiani “terimalah satu akan yang lain” dalam bingkai moderasi beragama oleh mahasiswa Kristen dalam kelompok gabungan dengan mahasiswa Islam dan mahasiswa Hindu Kaharingan secara empiris terwujud dengan sangat baik. Mahasiswa Kristen di tengah-tengah perbedaan keyakinan, dalam dalam kegiatan KKN, dapat mewujudkan dan menerapkan nilai pendidikan kristiani dan moderasi beragama dengan indikator: sikap menerima dengan kasih, komunikasi berlandaskan kasih, bekerja sama didasarkan pada kasih, sikap yang memberi ruang terhadap perbedaan keyakinan, serta sikap yang menerima budaya lokal sebagai bagian dari ekspresi beragama.


Keywords


accept one other; Christian education; IAKN Palangka Raya; religious moderation; moderasi beragama; pendidikan Kristiani; terimalah satu sama lain

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia ’ S Diversity.” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 45–55.

Aksa, and Nurhayati. “Moderasi Beragama Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal Pada Masyarakat Donggo Di Bima.” Harmoni 19, no. 2 (2020): 338–352.

Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Kemajemukan Dalam Pendidikan Agama. Jakarta: Gunung Mulia, 2010.

Dongoran, Evans Dusep, Johanes Waldes Hasugian, and Alex Djuang Papay. “Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Kristen Di SMAN 1 Bintan Timur.” REALCOSTER: REAL COMMUNITY SERVICE CENTER JOURNAL 3, no. 1 (2020): 7–11.

Edison, F. Thomas. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani: Menabur Norma Nilai. Bandung: Kalam Hidup, 2018.

End, Th. van den. Tafsiran Alkitab Surat Roma. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” In ICRHD: Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 195–202, 2020.

Hagelberg, Dave. Tafsiran Roma Dari Bahasa Yunani. Bandung: Kalam Hidup, 2016.

Hartono, F. Tafsiran Alkitab Perjanjian Baru. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Heriyanti, Komang. “Moderasi Beragama Melalui Penerapan Teologi Kerukunan.” Maha Widya Duta 4, no. 1 (2020): 21–27.

Ismail, Andar. Selamat Mengindonesia: 33 Renungan Tentang Kebinekaan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Nugroho, Jati, and Dwi Novita Sari. “Kawruh Pamomong: Pendidikan Karakter Kristiani Berbasis Kearifan Lokal.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2020): 289–301.

Prayoga, Muhammad Alvridho, M Ikhsan Ramadhan, Sabda Hafiz Fakar, Rahmad Daim Harahap, and Abdul Gaffar. “Moderasi Beragama Antara Umat Muslim Dan Kristen Di Desa Sigara-Gara Kecamatan Patumbak.” Islamic & Contemporary Issues 1, no. 2 (2021): 24–27. http://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/ICI/article/view/77.

RI, Tim Penyusun Kementerian. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Rohman, and Mukhlis Kasman. “Sistem Dalian Na Tolu Sebagai Pendekatan Moderasi Beragama Umat Muslim-Kristen Di Huta Padang Mandailing Natal.” SANGKÉP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 4, no. 2 (2021): 165–184.

Saihu, Made. “CREATING COMMUNITY BASED ON RELIGION AND CULTURE: SOCIAL LEARNING IN HINDU AND MUSLIM RELATIONSHIPS IN BALI.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 01 (February 18, 2021): 219. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1213.

Siahaan, Harls Evan Rianto. “Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-Raja 3:1-15.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2016): 1–15.

Sumarto. “Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama RI.” Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 1 (2021): 1–11.

Sumiwi, Asih Rachmani Endang, and Yonatan Alex Arifianto. “Tinjauan Roma 15:5-6 Untuk Meningkatkan Kerukunan Intern Orang Percaya Masa Kini.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 267–283.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan Actualization of Religion Moderation in Education Institutions.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 1 (2019).

Tuju, Serva, Harls Evan R. Siahaan, Melkius Ayok, Fereddy Siagian, and Donna Sampaleng. “Hospitalitas Pendidikan Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 344–355.

Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2013.




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.540

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Lisensi Creative Commons
KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) oleh KURIOS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

KURIOS diindeks oleh:

View KURIOS Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © KURIOS, 2018-2021. All Rights Reserved.