Spiritualitas egalitarian dalam pendidikan kristiani
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.157Keywords:
pendidikan kristiani, pendidikan egaliter, spiritualitas egalitarian, Christian education, egalitarian education, egalitarian spiritualityAbstract
Christian education must demonstrate an egalitarian educational practice, which means treating the education process equally without discriminating against social, economic, or religious backgrounds. This research is a reflective study on various issues of Christian education that have been developed, such as education of hospitality and inclusion or those based on multiculturalism and religious moderation. Following academic discussions to find an ideal picture of Christian education, this research aims to demonstrate an egalitarian spirituality that can serve as a basis for Christian educational practices in church, home, and school. Using a qualitative approach to literature data, this research uses a descriptive method to map the needs of Christian education in this era. In conclusion, Christian education should be able to reflect God's egalitarian work by providing participation opportunities for all learners to express themselves in God's grace.
Abstrak
Pendidikan kristiani harus mampu memperlihatkan sebuah prak-tik pendidikan yang egaliter, artinya memperlakukan proses pendidikan secara setara tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, hingga agama. Penelitian ini adalah sebuah kajian reflektif terhadap berbagai isu pendidikan kristiani yang telah dikembangkan terlebih dahulu, seperti pendidikan hospitalitas dan inklusi, atau yang berbasis pada multikulturan dan moderasi beragama. Mengikuti diskusi akademik untuk menemukan sebuah potret pendidikan kristiani yang ideal, maka penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan spiritualitas egalitarian yang dapat menjadi basis pada praktik pendidikan kristiani, baik di gereja, rumah, dan sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif pada data literatur, penelitian ini menggunakan metode deksriptif untuk memetakan kebutuhan pendidikan kristiani di era ini. Kesimpulannya, pendidikan kristiani harus dapat mencerminkan karya Allah yang egaliter dengan memberikan ruang partisipasi bagi semua peserta didik dalam mengekspresikan dirinya dalam anugerah Allah.
References
Angga, Angga, Yunus Abidin, and Sofyan Iskandar. ??SPenerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21.⬝ Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 1046??1054.
Arifianto, Yonatan Alex. ??SPeran Gembala Menanamkan Nilai Kerukunan Dalam Masyarakat Majemuk.⬝ Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 1??13.
Dongoran, Evans Dusep, Johanes Waldes Hasugian, Josanti Josanti, and Alex Djuang Papay. ??SMananamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Kristen Di SMAN 1 Bintan Timur.⬝ REAL COSTER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2020): 7??11.
Firdaus, Firdaus, Sulfasyah Sulfasyah, and Hanis Nur. ??SDiskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil.⬝ Equilibrium: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2018): 33??43.
Gunawan, Lina. ??SKesetaraan Dan Perbedaan Laki-Laki Dan Perempuan: Kritik Terhadap Gerakan Feminisme.⬝ Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat 3, no. 2 (October 24, 2017): 288. http://societasdei.rcrs.org/index.php/SD/article/view/39.
Hakim, Lukman. ??SPemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.⬝ EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2016).
Indah, Astrid Veranita. ??SDiskriminasi Pendidikan Di Indonesia: Analisis Teori Demokrasi Pendidikan Islam.⬝ Jurnal Inspiratif Pendidikan 9, no. 2 (2020): 175??186.
Keriapy, Frets. ??SPendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.⬝ Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. September (2020): 82??93.
Lumintang, Danik Astuti. ??SKepemimpinan Wanita Kristen: Suatu Sinergitas Antara Kesetaraan (Egalitarian) Dengan Kemitraan (Partnership).⬝ Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 3, no. 2 (December 31, 2019): 57??72. https://sttexcelsius.ac.id/e-journal/index.php/excelsisdeo/article/view/16.
Mahardhika, Satria, Nining Puji Lestari, and Olivia Cherly Wuwung. ??SPendidikan Kristiani Berbasis Multikultural Dalam Konteks Moderasi Beragama Di SMP Negeri 2 Arso.⬝ Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, no. 18 (2022): 283??291.
Nugroho, Oktavianus Heri Prasetyo. ??SMeretas Damai Di Tengah Keberagaman. Mengembangkan Pendidikan Kristiani Untuk Perdamaian Dalam Perspektif Multikulturalisme.⬝ Gema Teologi 38, no. 2 (2014): 143??170.
Pantan, Frans. ??SPendidikan Yang Membebaskan: Sadar Akan Pluralitas Dalam Pendidikan Kristiani Di Era Posmodern.⬝ KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 8, no. 1 (2022): 31??41.
Pattipeilohy, Stella Yessy Exlentya. ??SPendidikan Teologi Multikultur: Sebuah Sumbangan Pete Ward.⬝ DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 1 (2020): 131??152.
Raranta, Joice Ester. ??SPendidikan Kristiani Berbasis Multikultural Dalam Konteks Moderasi Beragama.⬝ Jurnal Teruna Bhakti 3, no. 2 (2021): 164??175.
Rinukti, Nunuk, Harls Evan R Siahaan, and Agustin Soewitomo Putri. ??SKesetaraan Dan Keadilan Gender Dalam Bingkai Teologi Hospitalitas Pentakostal.⬝ DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (2022): 782??796.
Rumahuru, Yance Z, and Johanna S Talupun. ??SPendidikan Agama Inklusif Sebagai Fondasi Moderasi Beragama: Strategi Merawat Keberagaman Di Indonesia.⬝ KURIOS:(Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021): 453??462.
Safarah, Azizah Arifinna, and Udik Budi Wibowo. ??SProgram Zonasi Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.⬝ Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 21, no. 2 (2018): 206.
Siahaan, Harls Evan R, Vera Herawati Siahaan, and Vitaurus Hendra. ??SKesatuan Perikoretik Pada Frasa Ut Omnes Unum Sint.⬝ Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 3, no. 1 (2022): 118??126.
Siahaya, Johannis, Nunuk Rinukti, Ho Lucky Setiawan, Charista Jasmine Siahaya, and Vicky Samuel Sutiono. ??SMenstimulasi Sikap Kerukunan Dalam Jemaat: Sebuah Model Moderasi Beragama Menurut Roma 14: 1-4.⬝ KURIOS:(Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021).
Susanto, Hery. ??STinjauan Teologis Tentang Pendidikan Kristiani Multikultural.⬝ EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 1??16.
Sutrisno, Edy, and others. ??SAktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.⬝ Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019): 323??348.
Tuju, Serva, Harls Evan R Siahaan, Melkius Ayok, Fereddy Siagian, and Donna Sampaleng. ??SHospitalitas Pendidikan Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk.⬝ Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 328??339.
UKDW, Humas. ??SDies Natalis Ke-60, UKDW Kukuhkan Prof. Tabita Jadi Guru Besar.⬝ UKDW.
Volf, Miroslav. After Our Likeness: The Church as the Image of the Trinity. Michigan: Eerdmans, 1998.
Wahyaningsih, Sri. Oase Pendidikan Di Indonesia Kisah Inspiratif Para Pendidik. Jakarta: Tanoto Foundation, 2018.
Wijadno, Serian. Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, Dan Ekomonis Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Mutu Lulusan. Jakarta: Salemba Empat, 2018.