Pendidikan Anak dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v5i1.93Keywords:
children education, Colossians 3, education, family, anak, keluarga, Kolose 3, pendidikan anakAbstract
This article aimed to describe the education of children in the family based on Colossians 3:21. This study used a sociological criticism approach by conducting a study of the text of Colossians 3:21 to analyze the Bible's view of children's education in the family. The conclusion of this textual study is educating children without violence. Paul reminded fathers in educating children to prioritize love as the basis for education in the family. The love of a father will be reflected in the lives of every child through communication and imprinted in an attitude of obedience and respect for parents.
?
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendreskripsikan pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Kolose 3:21. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kritik sosiologis dengan melakukan kajian terhadap teks Kolose 3:21untuk meng-analisis pandangan Alkitab tentang pendidikan anak dalam keluarga. Kesimpulan dalam kajian terhadap teks tersebut adalah mendidik anak tanpa adanya kekerasan. Paulus mengingatkan para ayah dalam mendidik anak-anak lebih mengutamakan kasih sayang sebagai dasar pendidikan dalam keluarga. Kasih sayang seorang ayah akan tercermin dalam kehidupan setiap anak melalui komunikasi dan terpatri dalam sikap taat dan menghormati orang tua.
References
A.A. Sitompul, and Ulrich Beyer. Metode Penafsiran Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Andriyani, Nia, and Endang Sri Indrawati. Dasar Hubungan Kedekatan Anak Dengan Orangtua Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, n.d.
Ayang Emiyati. Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 2, no. 2 (2018): 147156.
Charles E. Pfeiffer, and Everett F Harrison. The Wycliffe Bible Comentary (Tafsiran Alkitab Wycliffe). Malang: Gandum Mas, 2001.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Djamarah, Syaiful Bahri2006. StrategiBelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Donald Guthrie. Tafsiran Alkitab Masa Kini 3: Matius-Wahyu. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2006.
Donald Stamps. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas, 2003.
Dwi Retno Setiati. Peran Pendidikan Keluarga Dalam Pembentukan Sikap Sosial Dan Kemandirian Anak. In Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta, 2015.
Hartono, Handreas. Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 6269. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.
Hendra, Vitaurus. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih Dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 3, no. 1 (2015): 4865. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.
Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1978.
Ika Suwaji, and Yamin Setiawan. Hubungan Penerimaan Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak Slowlearner. Jurnal Psikologi Indonesia 3, no. 3 (2014): 238288.
Kartini Kartono. Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali Press, 1992.
Maria Lidya Wenas, and I Putu Ayub Darmawan. Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017). http://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI.
Mike Raiter. Kitab Kolose Dan Filemon, Bertambah Teguh Dalam Tuhan. Jakarta: Duta Harapan Dunia, 2016.
Mulqiah, Zuraida, Eka Santi, and Dhian Ririn Lestari. Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan 5, no. 1 (2017): 6167.
Nasiruddin. Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pendidikan Karakter Generasi Muda Bangsa. In Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 339343. Medan, 2017.
Pasuhuk, Novie D S. Pendidikan Keluarga Yang Efektif. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 7081. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.
R. Akbar Hawardi. Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat, Dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001.
Rostiana, Irma, Wilodati, and Mirna Nur Alia A. Hubungan Pola Asuh OrangTua Dengan Motivasi Anak Untuk Bersekolah Di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal Sosietas 5, no. 2 (n.d.).
Selistia Minarni. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Anggota Geng Di Samarinda. Psikoborneo 5, no. 2 (2017): 301309.
Sera Sonita. Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Disiplin Siswa Di Sekolah. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling 2 (2013): 174181. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor.
Sitti Nadirah. Peranan Pendidikan Dalam Menghindari Pergaulan Bebas Anak Usia Remaja. Musawa 9, no. 2 (2017).
Soesilo, Yushak. Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14. DUNAMIS ( Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani ) 1, no. 1 (2016): 114. www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis.
Sofia Retnowati, and Wahyu Widhiarso. Peranan Keberfungsian Keluarga Pada Pemahaman Dan Pengungkapan Emosi. Jurnal Psikologi, no. 2 (2003): 91 104.
Susi Rio Panjaitan. Teologi Anak Sebuah Kajian. In Anak Bersinar Bangsa Gemilang Jaringan Peduli Anaka Bangsa. Jakarta: Perkantas, 2018.
Word Analysis. Bible Works. Norfolk, 2006.