Pendidikan agama Kristen deliberatif sebagai implementasi pendidikan yang membebaskan: Kajian tentang student centered learning
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v10i1.761Keywords:
deliberative education, liberating education, student-centered learning, Christian religious education, pendidikan yang membebaskan, pendidikan Agama Kristen, pendidikan deliberatifAbstract
This study stems from the need for a more interactive and liberating approach to Christian Religious Education, adopting the Student-Centered Learning (SCL) framework, which emphasizes active student engagement, self-reflection, and the development of critical skills. This research explores the implementation and effectiveness of deliberative Christian religious education in promoting deep understanding and relevant life skills among students. The research method used is descriptive qualitative with an exegetical and expository approach to collect and analyze data in depth. The study results indicate that the SCL approach effectively increases student motivation and engagement and supports the development of independence and creativity. However, challenges such as teacher and student adaptation and limited resources require specific strategies and training to effectively implement this approach in Christian Religious Education.
Â
Abstrak
Penelitian ini berangkat dari kebutuhan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan membebaskan dalam Pendidikan Agama Kristen, dengan mengadopsi kerangka Student Centered Learning (SCL) yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa, refleksi diri, dan pengembangan keterampilan kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelajahi implementasi dan efektivitas pendidikan agama Kristen deliberatif dalam mempromosikan pemahaman mendalam dan keterampilan hidup yang relevan di antara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan eksegetis dan eksposisi untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SCL efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa/i serta mendukung pengembangan kemandirian dan kreativitas. Namun, tantangan seperti adaptasi guru dan siswa/i serta keterbatasan sumber daya memerlukan strategi dan pelatihan khusus untuk mengimplementasikan pendekatan ini secara efektif dalam konteks Pendidikan Agama Kristen.
References
Andrianti, Sarah. “Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen sebagai Implementasi Kurikulum 2013.†ANTUSIAS: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 3, no. 5 (2014): 1–22.
———. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 1, no. 2 (2019): 232–49. https://doi.org/10.34081/270034.
Aquinas, Thomas. The Summa Theologica. Edited by Fathers of the English Dominican Province. Second and. Kevin Knight, 1920.
Benawa, Arcadius, P D Subagya, Alexander Aur, Thomas Wendorise Rakam, and R Masri Sareb Putra. Pendidikan Nilai dan Religiositas. Tangerang: UMN Press, 2013.
Collins, Dennis E. Paulo Freire: His Life, Works and Though. New York: Paulist Press, 1977.
Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed. London: Continuum, 2005.
Fuadi, Ahmad. “Kelebihan dan Kekurangan Student Center Learning dan Teacher Center Learning.†In Sistem Student Center Learning Dan Teacher Center Learning, edited by Arif Munandar, 59–70. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Goulet, D. “Introduction to Paulo Freire.†In P. Freire, Education for Critical Consciousness. New York: Continuum, 1982.
Harahap, Doviana Riza, Dinda Permata Sari, R S Rabiahtuddinil A Hrp, Haliza Khairunnisa, dan Rora Rizky Wandini. “Tingkat Keberhasilan Penerapan Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Matematika pada Anak Kelas 3-5 di Lingkungan Desa Bandar Setia.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022): 14107–13.
Keriapy, Frets, and Talizaro Tafonao. “Liberation Education According to Paulo Freire and Its Application in Christian Religious Education: A Teacher-Student Education Collaboration.†PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 18, no. 2 (2022): 198–207. https://doi.org/10.46494/psc.v18i2.201.
Kroeskamp, H. Early Schoolmasters in a Developing Country: A History of Experiments in School Education in 19th Century Indonesia. Assen, The Netherland: Van Gorcum & Comp. B.V, 1974.
Lase, Delipiter. “Sudent-Centered Learning di Perguruan Tinggi.†Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora & Kebudayaan 8, no. 1–2 (2015): 144–53.
Nababan, Doni Abadi, Joice Patty, Stephany Brigitha Sopacua, dan Desi Sianipar. “Strategi Manajemen Kelas Pendidikan Agama Kristen yang Kolaboratif dan Berbasis Literasi Digital.†Jurnal Shanan 8, no. 1 (2024): 85–104. https://doi.org/10.33541/shanan.v8i1.5559.
Pakpahan, Gernaida Krisna R., and Frans Pantan. “Destructive Leadership in State and Religion: An Exegetical Study of Hosea 7:1-16.†Old Testament Essays 35, no. 2 (2022): 1–19. https://doi.org/10.17159/2312-3621/2022/v35n2a11.
Pantan, Frans. “Pendidikan yang Membebaskan: Sadar akan Pluralitas dalam Pendidikan Kristiani di Era Posmodern.†Kurios (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 8, no. 1 (2022): 31–41. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.453.
Patandung, Yosef. “Adolescence Students’ Critical Thinking Skills in The Context of Christian Education.†International Journal of Asian Education 4, no. 3 (2023): 150–56. https://doi.org/10.46966/ijae.v4i3.349.
Sarnoto, Ahmad Zain, Sri Tuti Rahmawati, Almira Ulimaz, Devin Mahendika, dan Singgih Prastawa. “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning terhadap Hasil Belajar: Studi Literatur Review.†Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 11, no. 2 (2023): 615–28. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828.
Sianipar, Desi. “Pendidikan Agama Kristen yang Membebaskan: Suatu Kajian Historis PAK di Indonesia.†Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2017): 136–57. http://ejournal.uki.ac.id/Index.Php/Shan/Article/View/1481.
Tata, Vivi Restiana. “Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah.†Inculco Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 110–23. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.58.
Teal Center Staff. “TEAL Center Fact Sheet No. 6: Student-Centered Learning.†TEAL (Teaching Excellence in Adult Literacy), no. 6 (2012): 1–3. https://teal.ed.gov/tealguide/studentcentered.