Lesson study berbasis saintifik bagi guru pendidikan agama Kristen di Sekolah Dasar

Authors

  • Mercy F. Halamury Institut Agama Kristen Negeri Ambon
  • Christiana Demaja W. Sahertian Institut Agama Kristen Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.324

Abstract

One of the coaching strategies that have been implemented to encourage changes in learning practices that have been occurring, leading to a more effective direction is to carry out lesson study activities. Lesson studies conducted for teachers at SD Inpres Yamalatu aim to train teachers to be more professional in their competence, starting from planning lessons, determining strategies and methods, media, and approaches that suit the learning needs of students, so that students can develop all the potential that is in them. himself critically, both cognitive, affective, and psychomotor. The type of research used is Classroom Action Research, with reference to the Hopkins model of classroom action research. Data collection techniques, questionnaire observation, and interviews. The results found in this study are lessons studies conducted at Sekolah Dasar (SD) Inpres Yamalatu through the plan, do see stages. can improve the professionalism of Christian religious education teachers.

 

Abstrak

Salah satu strategi pembinaan yang diterapkan guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang selama ini terjadi, menuju kearah yang lebih efektif adalah dengan melakukan kegiatan lesson study. Lesson study yang dilakukan bagi guru di Sekolah Dasar (SD) Inpres Yamalatu bertujuan untuk melatih guru agar semakin professional dalam kompetensinya, mulai dari merencanakan pembelaran, menentukan strategi dan metode, media dan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan seluruh potensi yang ada di dalam dirinya secara kritis, baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan mengacu pada penelitian tindakan kelas model Hopkins. Teknik pengumpulan data, Observasi Angket dan  wawancara. Hasil yang ditemui dalam penelitian ini adalah lesson study yang dilakukan di SD Inpres Yamalatu melalui tahapan plan, do see. dapat meningkatkan professionalism Guru PAK.

References

Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT Refika Aditama, 2016.

Bill Cerbin & Briyan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson study Project (online. http://www.uwlax.edu/soft/Isp/Index2.htm, 2009

Chatib, Munif. Gurunya Manusia : Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara, Bandung: Kaifa, 2012.

Depdiknas, Depag dan JICA. Panduan untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Jakarta: Program Peningkatan Kualitas (PELITA SMP/MTs), 2009.

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru (PK Guru)., Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012

Salirawati, Das. Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesionl, Jakarta : Bumi Aksara, 2018

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010

Shelley Friedkin. What is Lesson Study? 2005http://www.lessonresearch.net/

Yani, Ahmad. Mindset Kurikulum 2013, Bandung: Alfabeta, 2014

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Halamury, Mercy F., and Christiana Demaja W. Sahertian. 2021. “Lesson Study Berbasis Saintifik Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Dasar”. KURIOS 7 (2):446-52. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.324.