Manajemen pendidikan kristiani dalam pembentukan karakter unggul
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v9i2.239Keywords:
Christian education management, excellent character, the excellent spirituality of Christian education, karakter unggul, manajemen pendidikan kristiani, spiritualitas pendidikan kristiani unggulAbstract
Educational management is closely related to creating a curriculum or managing classes in a learning process in educational institutions. The learning process that links Christian education with the formation of superior character has become a topic often repeated. However, connecting the management of Christian education with the appearance of excellent character is a discourse that needs to be considered in preparing the curriculum for Christian education. This article aims to show that the narrative of the formation of superior character is a necessity in Christian education. Using descriptive-constructive analysis methods, this research examines several previous literature related to Christian education. It produces an offer about building superior spirituality in Christian education to create excellent character. In conclusion, Christian education must be managed to develop the spirituality of exceptional Christian education.
Â
Abstrak
Manajemen pendidikan sangat berkaitan dengan pembuatan kurikulum atau mengelola kelas dalam sebuah proses belajar di lembaga pendidikan. Sejatinya, proses belajar yang mengaitkan pendidikan kristiani dengan pembentukan karakter unggul telah menjadi bahasan yang kerap diulang-ulang; namun, bagaimana mengaitkan manajemen pendidikan kristiani dengan pembentukan karakter yang unggul merupakan sebuah diskursus yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun kurikulum di pendidikan Kristen. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa narasi pembentukan karakter unggul menjadi niscaya dalam pendidikan kristiani. Dengan menggunakan metode analisis deksriptif-konstruktif, penelitian ini mengkaji beberapa literatur terdahulu terkait pendidikan kristiani, dan menghasilkan tawaran tentang membangun spiritualitas unggul dalam pendidikan kristiani sebagai cara membangun karakter unggul. Kesimpulannya, pendidikan kristiani perlu dikelola untuk dapat membangun spiritualitas pendidikan kristiani yang unggul. Â
References
Agata, Bulanda. “Pendidikan Kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen.†Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022).
Gaol, Nasib Tua Lumban, and Andrianus Nababan. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen.†Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2019).
Haninuna, Benyamin, Marcellius Lumintang, Defly Farly Piong, and Valentino Wariki. “Patron Keteladanan Kristus Dalam Pendidikan Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.†SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2023).
Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.†REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 24–31.
Hutahaean, Wendy Sepmady. Dasar Kepemimpinan Kristen. Malang: Ahlimedia Press, 2019.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik.†Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 1, no. 2 (2019): 66–75.
———. “Nilai Pendidikan Kristiani ‘Terimalah Satu Akan Yang Lain’ Dalam Bingkai Moderasi Beragama.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 8, no. 1 (2022): 58–67.
Ismiati, Nur, Zaenal Mustakim, Saefudin Zuhri, and Umi Mahmudah. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Menajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di SDI Islam 01 YMI Wonopringgo.†IBTIDA: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2021).
Kencono, Dewi Sekar. “Perempuan Dan Korupsi Pada Ranah Publik (Ditinjau Dari Gaya Kepemimpinan, Politik, Agama, Psikologi Dan Budaya Ketimuran).†Politika: Jurnal Ilmu Politik 3, no. 2 (2013): 84–97.
Lasy, Agus. Manajemen Pelayanan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Lumbanraja, Maslan. Kepemimpinan, Pewartaan Firman Dan Jemaat, Yang Bertumbuh Di Era Milenial. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
Mes, Melyar, Gusti Sette, Rianto Metboki, and Levi Lefta. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif.†Discreet: Journal Didache of Christian Education 2, no. 2 (2022): 86–101.
Rahayu, Reka, and Ratnawati Susanto. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV.†Perkasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2018).
Rumbay, Christar Arstilo, Stimson Hutagalung, and Rudolf W Sagala. “Kontekstualisasi Menuju Inkulturasi Koperatif-Prolektif: Nilai Budaya Mapalus Dan Falsafah Pemimpin Negeri Di Minahasa Dalam Konstruksi Manajemen Pendidikan Kristiani.†JURNAL TERUNA BHAKTI 5, no. 2 (2023): 287–301.
Siahaan, Christa, and Djoys Anneke Rantung. “Peran Orangtua Sebagai Pendidik Dan Pembentuk Karakter Spiritualitas Remaja.†Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 95–114.
Siahaan, Harls Evan, Munatar Kause, and Fereddy Siagian. “Teologi Hospitalitas: Sebuah Diskursus Konstruktif Agama Merevitalisasi Nilai-Nilai Kemanusiaan.†KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2022): 134–143.
Sidjabat, B. S. Membangun Pribadi Unggul: Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter. Bandung: Budi Utama, 2010.
Sirait, Jannes Eduard. “Spiritualitas Egalitarian Dalam Pendidikan Kristiani.†KURIOS 8, no. 2 (October 30, 2022). https://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/157.
Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.†Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 1 (2020): 49–66.
Tanya, Eli. Gereja Dan Pendidikan Agama Kristen: Mencermati Peranan Pedagogis Gereja. Cipanas: STT Cipanas, 2006.
Tuju, Serva, Harls Evan R Siahaan, Melkius Ayok, Fereddy Siagian, and Donna Sampaleng. “Hospitalitas Pendidikan Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk.†Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 328–339.