Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.182

Keywords:

learning motivation, sidhi, teaching creativity, katekisasi, kreativitas mengajar, motivasi belajar

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of creativity variables on student learning motivation. The method used in this research is a quantitative approach using descriptive statistics and simple linear regression statistical tests. Data collection techniques used a Likert attitude scale with four answer choices distributed to 32 students who were respondents in this study. The results showed that the variable obtained an average score of 41,68 which was included in the high category while the Student Learning Motivation variable obtained an average score of 36,50 which was also included in the high category. The results of data processing showed that there was an influence of creativity variables on Student Learning Motivation by 18,9 % meaning that changes in the learning Motivation variable by 18,9% could be explained by changes in creativity variables. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variable kreativitas terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan mengunakan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data mengunakan skala sikap Likert dengan empat pilihan jawab yang dibaikan kepada 32 orang anak katekisasi sidhi yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa varia-bel kreativitas memperoleh skor rata-rata sebesar 41,68 yang termasuk dalam kate-gori tinggi sementara variabel motivasi belajar anak katekisasis sidhi memperoleh skor rata-rata sebesar 36,50 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pe-ngolahan data menunjukkan ada korelasi variabel kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi sebesar 18,9%, artinya perubahan dalam variabel motivasi belajar sebesar 18,9 % dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variable kreativitas.

Author Biography

Andar Gunawan Pasaribu, agpasaribu@iakntarutung.ac.id

Prodi Pendidikan Agama Kristen, IAKN Tarutung

References

A.M.Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Abineno, JL.CH. Sekitar Katekisasi Gereja. Jakarta, 1987.

Amaral, G., J. Bushee, U. G. Cordani, KOJI KAWASHITA, J. H. Reynolds, Fernando FLÁVIO MARQUES De E ALMEIDA, F. F.M. de Almeida, et al. ??SHubungan Positip Dan Signifikan.⬝ Journal of Petrology 369, no. 1 (2013): 1689??1699.

Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

B.S.Sijabat. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2010.

Dahlenburg, G. D. Siapakah Pendeta Itu? Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.

Gelar, Mencapai, Sarjana Pendidikan, and Agama Islam. ??SDiajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM⬝ (2010).

Leuwol, Natasya Virginia. ??SPendidikan Katekisasi Kepada Remaja Di Jemaat Gki Kasih Perumnas Sorong.⬝ Journal of Dedication to Papua Community 1, no. 1 (2019): 32??41.

Lusita, Afrisanti. Buku Pintar Yang Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif Dan Inofatif. Jakarta: Araskah, 2011.

Ningsih, Sumiyati. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik. Yogyakarta, 2006.

Nur??"Aliyah, Istiqomah. ??SHubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Motivasi.⬝ Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 6 (2017): 792??800.

Pasaribu, Andar gunawan. Pendekatan Psikologi Pendidikan Agama Kristen. medan: Penerbit Mitra, 2018.

R.J, Porter. Katekisasi Masa Kini. Jakarta: YKBK/OMF, 1987.

Saputra, Yudha Nata. ??SHubungan Spiritualitas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.⬝ KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 1??17.

Selduk, H.L. Pedoman Pelayanan Pendeta. Jakarta: YKBK/OMF, 2008.

Seymour, Jack L. Memetakan Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Syaiful Bahri, Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta, 2011.

Ulya, Iik Faiqotul, Riana Irawati, and Maulana Maulana. ??SPeningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual.⬝ Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 121??130.

Widiasworo, Erwin. Rahasia Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Downloads

Published

2020-11-02

How to Cite

Pasaribu, Andar Gunawan. 2020. “Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta Dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi”. KURIOS 6 (2):367-79. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.182.

Issue

Section

Articles