Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi

Andar Gunawan Pasaribu

Abstract


The purpose of this study was to analyze the effect of creativity variables on student learning motivation. The method used in this research is a quantitative approach using descriptive statistics and simple linear regression statistical tests. Data collection techniques used a Likert attitude scale with four answer choices distributed to 32 students of Sidhi who were respondents in this study. The results showed that the variable obtained an average score of 41,68 which was included in the high category while the student learning motivation variable obtained an average score of 36,50 which was also included in the high category. The results of data processing showed that there was an in-fluence of creativity variables on student learning motivation by 18,9 % meaning that changes in the learning motivation variable by 18,9% could be explained by changes in creativity variables.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh varia-bel kreativitas terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi. Metode yang di-gunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan mengguna-kan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data mengunakan skala sikap Likert dengan empat pilihan jawab yang dibagikan kepada 32 orang anak kate-kisasi sidhi yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian me-nunjukkan bahwa variabel kreativitas memperoleh skor rata-rata sebesar 41,68 yang termasuk dalam kategori tinggi sementara variabel motivasi belajar anak katekisasis sidhi memperoleh skor rata-rata sebesar 36,50 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pengolahan data menunjukkan ada korelasi variabel kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi sebesar 18,9%, yang artinya perubahan dalam variabel motivasi belajar sebesar 18,9 % dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel kreativitas.

Keywords


Keywords: chatechism. learning motivation(anak katekisasi, motivasi

References


Agenda GKPI, 2015, , P.Siantar Kolportase GKPI

Alkitab

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Riemer,G.1998 Ajarlah Mereka, Jakarta:Yayasan Komunikasi Bina Kasih OMF,.

Sidjabat. B.S. 2010. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Lusita, Afrisanti. 2011. Buku pintar yang menjadi Guru kreatif, inspiratif dan inofatif. Jakarta: Araskah

Sumiyatiningsih. 2006. Mengajar dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: Andi.

Widiasworo, Erwin. 2014. Rahasia menjadi Guru idola. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.182

Article Metrics

Abstract view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

KURIOS telah terdaftar pada situs:

View My Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © KURIOS, 2018-2020. All Rights Reserved.