Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variable kreativitas terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan mengunakan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data mengunakan skala sikap Likert dengan empat pilihan jawab yang dibaikan kepada 32 orang anak katekisasi sidhi yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa varia-bel kreativitas memperoleh skor rata-rata sebesar 41,68 yang termasuk dalam kate-gori tinggi sementara variabel motivasi belajar anak katekisasis sidhi memperoleh skor rata-rata sebesar 36,50 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pe-ngolahan data menunjukkan ada korelasi variabel kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi sebesar 18,9%, artinya perubahan dalam variabel motivasi belajar sebesar 18,9 % dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variable kreativitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M.Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Abineno, JL.CH. Sekitar Katekisasi Gereja. Jakarta, 1987.
Amaral, G., J. Bushee, U. G. Cordani, KOJI KAWASHITA, J. H. Reynolds, Fernando FLVIO MARQUES De E ALMEIDA, F. F.M. de Almeida, et al. ??SHubungan Positip Dan Signifikan.? Journal of Petrology 369, no. 1 (2013): 1689??1699.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
B.S.Sijabat. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2010.
Dahlenburg, G. D. Siapakah Pendeta Itu? Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.
Gelar, Mencapai, Sarjana Pendidikan, and Agama Islam. ??SDiajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM? (2010).
Leuwol, Natasya Virginia. ??SPendidikan Katekisasi Kepada Remaja Di Jemaat Gki Kasih Perumnas Sorong.? Journal of Dedication to Papua Community 1, no. 1 (2019): 32??41.
Lusita, Afrisanti. Buku Pintar Yang Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif Dan Inofatif. Jakarta: Araskah, 2011.
Ningsih, Sumiyati. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik. Yogyakarta, 2006.
Nur??"Aliyah, Istiqomah. ??SHubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Motivasi.? Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 6 (2017): 792??800.
Pasaribu, Andar gunawan. Pendekatan Psikologi Pendidikan Agama Kristen. medan: Penerbit Mitra, 2018.
R.J, Porter. Katekisasi Masa Kini. Jakarta: YKBK/OMF, 1987.
Saputra, Yudha Nata. ??SHubungan Spiritualitas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.? KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 1??17.
Selduk, H.L. Pedoman Pelayanan Pendeta. Jakarta: YKBK/OMF, 2008.
Seymour, Jack L. Memetakan Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Syaiful Bahri, Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta, 2011.
Ulya, Iik Faiqotul, Riana Irawati, and Maulana Maulana. ??SPeningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual.? Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 121??130.
Widiasworo, Erwin. Rahasia Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.