Pembelajaran kontekstual pendidikan agama Kristen melalui Tari Giring-Giring berbasis media audio visual
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v10i3.1092Keywords:
audio visual media; contextual learning; Christian religious education; Giring-Giring dance; pembelajaran kontekstual; pendidikan agama Kristen; media audio visual; tari giring-giringAbstract
This research aims to analyze the design of a contextual learning model in Christian Religious Education by integrating Christian values through local cultural elements, namely the Giring-Giring dance. Audio-visual media in the form of Giring-Giring dance videos facilitate students' understanding more concretely and contextually understanding more concretely and contextually. The literature review method was used in data collection and data analysis. The results show that implementing this learning model has a positive impact on students' understanding and appreciation of Christian values. Some of the main findings of this research reveal that the use of audio-visual media in the form of Giring-Giring dance videos can increase students' interest and motivation in learning Christian values. Integrating local cultural elements through Giring-Giring dance helps learners understand the connection between Christian values and real life in the surrounding environment. A contextual approach in learning facilitates learners to construct knowledge and apply Christian values more meaningfully.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan model pembelajaran kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen dengan mengintegrasikan nilai-nilai kristiani melalui unsur budaya lokal, yaitu tari Giring-Giring. Media audio visual berupa video tari Giring-Giring digunakan untuk memfasilitasi pemahaman peserta didik secara lebih konkret dan kontekstual. Metode literature review digunakan dalam pengumpulan data maupun analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran ini memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap nilai-nilai kristiani. Beberapa temuan utama dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual berupa video tari Giring-Giring dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik dalam mempelajari nilai-nilai kristiani. Integrasi unsur budaya lokal melalui tari Giring-Giring membantu peserta didik memahami keterkaitan antara nilai-nilai kristiani dengan kehidupan nyata di lingkungan sekitar. Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran memfasilitasi peserta didik untuk mengonstruksi pengetahuan dan mengaplikasikan nilai-nilai kristiani secara lebih bermakna.
References
Afriani, Andri. “Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2018): 80–88.
AM, Luthfiya Ulfa. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Tari Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tinambung.” Universitas Negeri Makassar, 2022.
Amri, Ulil, Ganefri, and Hadiyanto. “Perencana Pengembang Dan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2025–2031.
Anesta, Flora, Ismunandar, and Winda Istiandini. “Revitalisasi Tari Giring-Giring Pada Masyarakat Dayak Banyadu Desa Setia Jaya Kecamatan Teriak Kabupaten Bengkayang.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 7, no. 12 (2018): 1–12.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: DIVA Press, 2016.
Effendi, Darwin, and Achmad Wahidy. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” In In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen Pada Peserta Didik Dengan Pendekatan Evolusi Sosial Herbert Spencer.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2024): 68–77.
Mulyasa, H. E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.
Nugroho, Ibnu Fari, Ratno Abidin, and Nina Veronica. “Pengaruh Tari Giring-Giring Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel.” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 2 (2022): 118–129.
Nurfadhillah, Septy, Ajeng Putri Cahyani, Aqila Fadya Haya, Putri Syifa Ananda, and Tri Widyastuti. “Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3.” Pandawa 3, no. 2 (2021): 396–418.
Rifa’i, M. H., N. M. Jalal, I. Sudarmaji, N. F. Lubis, A. Hudiah, A. Fachrurrozy, and R. Mangsi. Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Motivatif, 2022.
Rismawaty, S. Pendidikan Agama Kristen Terhadap Terbentuknya Nilai-Nilai Iman kristiani. Pasaman Barat: Azka Pustaka, 2022.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Tanu, I. Ketut. “Pembelajaran Berbasis Budaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Jurnal Penjaminan Mutu 2, no. 1 (2016): 34–43.
Wahyudin, Yudin, and Dhian Nur Rahayu. “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi 15, no. 3 (2020): 119–133.
Yasin, Fajar Nur. “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 1 (2023): 366–380.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.