Spiritualitas dan musikalitas Daud sebagai model musikus gerejawi: Membangun kemampuan membaca notasi dan karakter mahasiswa Pendidikan Musik Gereja, IAKN Tarutung
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v9i3.853Abstract
Artikel ini merupakan sebuah kajian terkait hasil observasi yang memperlihatkan kekurangmampuan mahasiswa Pendidikan Musik Gereja dalam membaca notasi musik yang dipengaruhi oleh karakter belajarnya. Kemampuan membaca notasi memang tidak dipengaruhi secara langsung oleh kerohanian seseorang, namun tingkat kedewasaan dan kematangan spiritual akan membentuk nilai-nilai positif dan konstruktif yang berimplikasi pada kemauan meningkatkan kualitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan sebuah model musikus gerejawi melalui refleksi teologis dari kehidupan Daud. Dengan menggunakan metode analisis-deskriptif interpretatif, maka diperoleh korelasi antara spiritualitas dan musikalitas Daud. Kemampuan bermusik Daud yang mampu menghasilkan mazmur dan nyanyian pengagungan bagi Allah sekaligus memperlihatkan karakter yang dipengaruhi oleh spiritualitasnya
Â
References
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik Kanisius. Music Dictionary. Jakarta.
Martinus (2012). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Pres
Lumbantoruan, Jagar. 2013. Kemampuan Dasar Musik. Padang: Sukabina.
Narsim. 2015. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari: https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/24760
Ottman, Robert W. 1961. Elementary Harmony: Theory and Practice. North Texas State University.
Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti.
Permenristekdikti Nomor 49 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti.
Popham, W James. 1995. Education Evaluation. Prentice-Hall., Inc., Englewood Cliffs, New Jersey
Padmo, Dewi, dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran: Upaya Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Tangerang: Universitas Terbuka
Purwanto, Purwanto, and Hery Setiyatna. "Bentuk Tes Formatif Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir." (2009).
Sumaryanto (2000). Kemampuan Musikal dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Musik
Salim, Djohan. "Psikologi Musik Yogyakarta." (2010).
Simamora Lince R.T. Teori Musik. 2023. IAKN Tarutung Kampus Shalom
Soedarso, “Tinjauan Seni Saku Daya Sarana.†(1990)
Stanley, Wisbey, A. 1980. Music as The Source of Learning. Baltimore: University Park Press
Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Sumaryanto, Totok. 2005. Efektivitas Penggunaan Metode Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Vol. VI No. 2/ Mei-Agustus 2005.
Syah, Muhibbin. "Psikologi Belajar. Jakarta." (2007).
Wijaya. (2006). Pedoman Penelitian.
Yani, Jenderal Achmad. "Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, Mixed Research dan R&D. bandung: Alfabeta." Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku (1995).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.