Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29Keywords:
orang tua, kasih, pembentukan karakterAbstract
Kasih dan disiplin merupakan kebutuhan dasar setiap anak dalam upaya pembentukan karakter yang sehat. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan, demikian pula dalam penerapannya, kasih dan disiplin harus diterapkan secara seimbang. Kasih adalah alasan, motif dan tujuan adanya disiplin, dan disiplin merupakan perwujudan kasih itu sendiri. Masalah yang dihadapi orang tua saat ini adalah orang tua terjebak ke dalam dua pilihan dalam menerapkan kasih dan disiplin, yaitu menerapkan kasih dan disiplin secara bersama-sama dan seimbang atau menerapkan salah satunya dan memisahkan yang lainnya. Hal ini terjadi akibat kesalahpahaman orang tua mengenai konsep relasi antara kasih dengan kebebasan serta disiplin dan hukuman. Konsep yang menyatakan bahwa disiplin sama dengan hukuman, membuat disiplin begitu sempit dan dipandang negatif, kejam serta tidak mencerminkan adanya kasih. Konsep inilah yang kemudian menciptakan konsep berikutnya, yaitu disiplin dan kasih adalah dua hal yang saling bertentangan sehingga orang tua terjebak pada penerapan kasih atau disiplin yang ekstrim.
References
Anonimus, Ensikloped' Alkitab Hasa Kizzi, Cetakan ke-6, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2000
Anonimus, Perjanjian Lama, Ibrani-Indonesia, Jakarta: LAI, 2002
Anonimus, Alkitab Pent/11111ln Hidtp Berkelimpahan, Malang: Gandum Mas, 1994
Ariesandi S., CHt, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008
BK. Narayan, Anak Cerdas, Yogyakarta: Mediailmu, 2009
BS. Sidjabat, Membesarkan Anak Dengan Kreatif, Yogya karta: ANDI offset, 2008
Desmita, Psikologi Perkembangan, Cetakan 1, Bandung: Rosdakarya, 2005
Doni Koesoema.A,Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Grame dia Pustaka utama, 2007
Hasan Alwi, Ka1111IS besar bahsa Indonesia, Edisi ketiga, Jakarta: Balai pusataka, 2001
H. Norman Wright, Menjacli Orang Tua yang Bijaksana, Yongyakarta: ANDI, 1996
Kamm Singkat Ibrani-Indonesia, Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1997
LAI, Alkitab, Jakarta: LAI, 2007
Mary Setiawani dan Stephen Ton. Seni Membentuk Karakter Kristen, Surabaya: LRII, 2005
Reni Akbar-Hawadi, Psikologi Perkembangan Anak, Cetakan ke-6, Jakarta: Grasindo, 2006
Sri Edti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan, Cetakan ke-1, Jakarta : Gramedia, 2002
Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih D.Gunarsa, Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarg-a, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000
Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Cetakan ke-12, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006
Steve Chalke, Kiat Menjadikan Anak Ancla Sukses dan Bahagia.,
Cetakan ke-5, Yogyakarta: ANDI offset, 2009
T. Berry Brazelton, M.D. dan Joshua D. Sparrow, M.D, Disiplin Anak, (Jakarta: BIP, 2009).
Thomas W. Phelan, 1-2-3 Magic Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Umur 2-12 Tabun, (Yogyakarta: Andi, 2004).
W.J.S Poerwadarminta, Kanius Unnun Bahasa Indonesia, Cetakan ke-16 (Jakarta: Balai Pustaka, 1999).
W.R.F. Browning, Karnes Alkitab, (Jakarta: BPK, 2002).
W. Stanley Heath, Teologi Pendidikan Anak, Cetakan pertama, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2005).
Yopie Tjahjadi, Diktat Penibinaan Warga Gereja, (Jakarta: ITPPB, 2007).
http://www.akpermuhmks.ac.id/ http://dheeazz.blogspot.com/2009/12/peran-orang-tua-dan-motivasi-belajar.html.