Penguatan Nilai-nilai Kristiani Melalui Interaksi Sosial bagi Peserta Didik

Authors

  • Bambang Sujiyono Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.203

Keywords:

Christian values, learners, social interaction, nilai kristiani, peserta didik, interaksi sosial

Abstract

The study aims to analyze the strengthening of students' Christian values through social interaction. Literature methods or literature studies are used to collect and analyze this research data. Research findings reveal that the role of Christian Education teachers is needed in strengthening Christian values for students through social interaction. The form of social interaction that can be used by Christian Education teachers to strengthen Christian values for students is the form of cooperation and accommodation. Strengthening Christian values in schools requires cooperation between Christian Education teachers and students, as well as between students and other students. While the form of accommodation, in instilling Christian values in students, requires the ability to overcome conflicts and, at the same time, the ability to avoid disputes. Both among students as well as students with Christian Education teachers. With this approach, strengthening Christian values for students through social interaction can be created well.


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis penguatan nilai-nilai kristiani peserta didik melalui interaksi sosial. Metode literatur atau studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan data dan menanalisis data penelitian ini. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa diperlukan peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam memperkuat nilai-nilai kristiani bagi peserta didik melalui interaksi sosial. Bentuk interaksi sosial yang dapat digunakan oleh guru Pendidikan Kristen dalam penguatan nilai-nilai kristiani bagi peserta didik yaitu dengan bentuk kerja sama dan akomodasi. Penguatan nilai-nilai kristiani di sekolah diperlukan jalinan kerja sama, baik itu kerja sama antara guru Pendidikan Agama Kristen dengan peserta didik, maupun antara peserta didik dengan peserta didik lainnya. Sedangkan bentuk akomodasi, dalam menanamkan nilai-nilai kristiani kepada peserta didik diperlukan kemampuan dalam mengatasi pertentangan dan sekaligus kemampuan dalam menghindari perselisihan. Baik itu di antara peserta didik, maupun peserta didik dengan guru Pendidikan Agama Kristen. Dengan pendekatan ini, penguatan nilai-nilai kristiani bagi peserta didik melalui interaksi sosial dapat tercipta dengan baik.

References

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Diana, Nency Dwi, Sadrakh Sugoino, and Aser Lasfeto. ??SKompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Efata Tangerang Serpong.⬝ Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 2 (2019).

Edison, F. Thomas. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani: Menabur Norma Nilai. Bandung: Kalam Hiduo, 2018.

Fahri, Moh., and A. Hery Qusyairi. ??SInteraksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran.⬝ Jurnal studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2019).

Girl, Martinus Sariya. ??SPengaruh Nilai-Nilai Kristiani Pendidikan Sekolah Katolik Dan Nilai-Nilai Budaya Jawa Terhadap Perilaku Agresif Remaja.⬝ Jurnal Teologi 2, no. 2 (2013).

Griffiths, Paul J. Kekristenan Di Mata Orang Bukan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Gultom, Lasria. ??SPenerapan Reward Dan Konsekuensi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II SD Sekolah Kristen ABC.⬝ POLYGLOT: A Journal of Language, Literature, Culture, and Education 12, no. 2 (2016).

Harefa, Warisman. ??SKeunikan Kekristenan Berakar Di Dalam Kesatuannya Dengan Kristus.⬝ KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2014).

Larasati, Kristin Arlita. ??SPeranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Perilaku Kristiani Peserta Didik SMPN 1 Cluwak Jawa Tengah.⬝ Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, 2017.

Malentika, Nella, Itryah, and Mutia Mawardah. ??SHubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Suasana Hati Pada Manusia.⬝ Jurnal Ilmiah PSYCHE 11, no. 2 (2017).

Nasdian, Fredian Tonny. Sosiologi Umum. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.

Palin, Lenyanti. ??SPemanfaatan Metode Konsep Kalimat Dalam Kartu Dalam Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersikap Kritis Terhadap Nilai-Nilai Kristiani Bagi Siswa Kelas X IPA 1 Dan X IPA 2 Di SMA Negeri 3 Kota Sorong Tahun 2017.⬝ SOSCIED: Jurnal Social, Science and Education 1, no. 2 (2018).

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Rusdiyanta, Syahrial Syarbaini. Dasar-Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Santosa, Slamet. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Siahaan, Harls Evan Rianto. ??SHikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-Raja 3:1-15.⬝ DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2016): 1??15.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

Downloads

Published

30.10.2020

How to Cite

Sujiyono, Bambang. 2020. “Penguatan Nilai-Nilai Kristiani Melalui Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik”. KURIOS 6 (2):397-404. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.203.

Issue

Section

Articles