Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini

Authors

  • Yeni Krismawati Sekolah Tinggi Teologi Pelita Bangsa Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.20

Keywords:

pendidikan kristen, teori psikologi perkembangan, Erik H. Erikson

Abstract

Perilaku seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh dorongan dari dalam dirinya Perkembangan tersebut ditentukan juga oleh kompleksitas faktor eksternal. Interaksi dengan orang-orang atau kelompok disekitarnya merupakan salah satu faktor ekternal? yang mempengaruhi proses pembentukan perilaku. Interaksi tersebut bahkan menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia mengingat bahwa seseorang tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain (Maslow). John Bowlby juga menjelaskan kebergantungan terhadap orang lain sudah dirasakan seseorang sejak masih bayi sebagai perilaku penyesuaian sosial paling awal melalui? kelekatannya dengan orangtua. Penyesuaian sosial akan terus berlangsung hingga usia dewasa yang terbentuk melalui proses belajar dari sesamanya (Albert Bandura).

References

Erik H. Erikson. Identitas dan Siklus Hidup Manusia, Jakarta:Penerbit Gramedia, 1989

Losoncy, Lawrence J. Religious Education and the Life-cycle. Catecethical Communication.

Monk, F.J., AMP Knoers & S.R. Hadinoto. Psikologi Perkembangan, Gadjah Mada University Press.

Sidjabat, B. Samuel. Pendewasaan Manusia Dewasa, Bandung: Institut Alkitab Tiranus, 2003

Wilhoit, James C., Deuttoni, John M. Nurture That Is Christian, A Bridgepoint Book.

Downloads

Published

2018-02-11

How to Cite

Krismawati, Yeni. 2018. “Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson Dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini”. KURIOS 2 (1):46-56. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.20.