Kecakapan Lulusan Pendidikan Tinggi Teologi Menghadapi Kebutuhan Pelayanan Gereja dan Dunia Pendidikan Kristen
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.144Keywords:
graduate skills, church services, Christian education, soft skillsAbstract
The stakeholder of college graduates oftenly complained about the low skills possessed by the graduates. The same thing is experienced in the world of church service and Christian education, that there are still many theological scholars who lack the skills or expertise in their fields.This study aimed to determine how well the graduates of theological college having skills which answer the needs in the Church and Christian educational institutions. The results of the study concluded that the skills of the graduates of theological college are still not optimal. There are five skills that have a fairly low assess-ment, namely skill of leadership, servants, service experience, theological knowledge, and English ability. Abstrak Para pengguna lulusan perguruan tinggi mengeluhkan masih rendahnya kecakapan yang dimiliki oleh para lulusan terebut. Hal serupa juga dialami dalam dunia pelayanan gereja dan pendidikan Kristen, bahwa masih banyak sarjana teologi yang kurang memiliki kecakapan atau keahlian dalam bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kecakapan lulusan STT dalam menjawab kebutuhan pelayanan di gereja dan lembaga pendidikan Kristen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kecakapan lulusan STT masih belum maksimal. Ada lima kecakapan yang memiliki penilaian yang cukup rendah yaitu kecakapan sebagai pemimpin, sebagai pelayan, pengalaman pelayanan, pengetahuan teologi, dan kemampuan berbahasa Inggris.References
Anonimous. Lowongan Kerja. Jakarta: PT. Astra Internasional Tbk, 2013.
Ardana. Managemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Desmond Ginting. Komunikasi Cerdas; Panduan Komunikasi Di Dunia Kerja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
Dewi Ketut. Bimbingan Karir Di Sekolah-Sekolah. Ghalia Indonesia, 1993.
Didik Suryanto, Waras Kamdi, Sutrisno. ??SRelevansi Soft Skill Yang Dibutuhkan Dunia Kerja Dengan Yang Dibelajarkan Di Sekolah Menengah Kejuruan.⬝ Jurnal Teknologi dan Kejuruan 36, no. 2 (2013).
Elfindri. Softskill Untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media, 2011.
Gidion, Gidion. Profesionalitas Layanan Gereja. Shift Key: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 2017, 7.2.
Herminanto Sofyan. Kesiapan Kerja Siswa STM Di Jawa. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1992.
Jansen Sinamo. Teologi Kerja Modern & Etos Kerja Kristiani. Jakarta: Institut Darma Mahardika, 2011.
Joyoatmojo Soetarno. Pembelajaran Efektif: Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Menuju Penyediaan Sumber Daya Insani Yang Unggul. Surakarta: UNS Press, 2003.
Kardimin, Akhmad. Strategi Melamar Kerja Dan Bimbingan Karier. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Kartini. Menyiapkan Dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Pers, 1991.
Kellermann P and G Sagmeister. ??SHigher Education and Graduate Employment in Austria.⬝ European Journal of education 35, no. 2 (2000): 8.
Khoiroh, Murtaziqotul, and Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti. ??SPengaruh Motivasi Kerja, Praktik Kerja Industri, Penguasaan Soft Skill, dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK.⬝ Economic Education Analysis Journal (2019).
Masim Vavai Sugianto. Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. Salatiga: UKSW Press, 2015.
Paul Mudroch. In The Sovreignty of Good. London: Rotledge & Kegan, 1992.
Rusnani. ??SPengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah di SDN Pinggir Papas I Kec. Kalianget.⬝ PERFORMANCE ??S Jurnal Bisnis & Akuntansi⬝ (2013).
Sukmadinata dan Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tirtarahardja, Umar, and La Sulo. ??SPengantar Pendidikan.⬝ Rineka Cipta (2008).
Yorke, Mantz, and Peter T. Knight. ??SCurricula for Economic and Social Gain.⬝ Higher Education (2006): 565??568.
??SPengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015.⬝ Economic Education Analysis Journal (2015).