Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.129

Keywords:

Bible stories, memorization, storytelling, Sunday school, kisah Alkitab, memorisasi, menceritakan kisah Alkitab, Sekolah Minggu

Abstract

Learning in Sunday schools requires good innovation in order to produce quality learning. In this study, the authors examined the application of storytelling in telling Bible stories to Sunday school children. Therefore, the authors use a qualitative approach by conducting observations and directed discussions on participants so that data obtained about the application of storytelling methods. The results showed that the application of storytelling-assisted lecture methods was carried out in accordance with the steps. The application of storytelling also provides benefits in the form of Increased ability to understand children, as evidenced by the success of retelling stories, specifically Bible stories; increased listening ability in children; increased ability to remember, so that you can retell; increased listening ability in children. Children can concentrate on listening to the teacher's story. These results can be achieved because of an increase in listening, listening, remem-bering, and understanding so that the memorization process occurs which ultimately helps children retell stories that have been heard. Abstrak Pembelajaran pada Sekolah Minggu memerlukan inovasi yang baik agar meng-hasilkan kualitas belajar. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang penerapan storytelling dalam menceritakan kisah Alkitab pada anak Sekolah Minggu. Oleh karena itu, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi dan diskusi terarah pada partisipan sehingga diper-oleh data tentang penerapan metode storytelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah berbantuan storytelling dilakukan sesuai dengan langkah-langkahnya. Penerapan storytelling juga memberikan manfaat berupa: meningkatnya kemampuan memahami pada anak, terbukti dari keber-hasilan menceritakan kembali cerita, secara khusus cerita Alkitab; mening-katnya kemampuan mendengar pada anak; meningkatnya kemampuan meng-ingat, sehingga dapat menceritakan kembali; meningkatnya kemampuan menyi-mak pada anak. Anak dapat berkonsentrasi untuk menyimak cerita guru. Hasil tersebut dapat tercapai karena terjadi peningkatan menyimak, mendengar, mengingat, dan memahami sehingga terjadi proses memorisasi yang akhirnya membantu anak-anak menceritakan kembali cerita yang telah didengar.

References

Anggrayeni, Ni Komang, Ni Ketut Suarni, and Didith Pramunditya Ambara. ??SPenerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak.⬝ Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3, no. 1 (August 6, 2015). Accessed January 4, 2020. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5896

Anjani, Ketut Sri, I. Nyoman Wirya, and I. Gde Wawan Sudatha. ??SPenerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Di PAUD Pradnya Paramita.⬝ Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 1, no. 1 (2013): 1??10.

Ariani, Lita, and Dyta Setiawati Hariyono. ??SStorytelling Sebagai Metode Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah.⬝ In Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019, 36??44. Malang: Universitas Negeri Malang, 2019.

Ayuni, Rita Diah, S. Siswati, and Diana Rusmawati. ??SPengaruh Storytelling Terhadap Perilaku Empati Anak.⬝ Jurnal Psikologi 12, no. 2 (October 15, 2013): 121??130.

Danziger, Kurt. Marking the Mind: A History of Memory. New York, NY, US: Cambridge University Press, 2009.

Darmawan, I Putu Ayub. Dasar-Dasar Mengajar Sekolah Minggu. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2016.

Darmawan, I Putu Ayub. ??SPembelajaran Memorisasi dalam Ulangan 6:6-9.⬝ EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 1 (2019): 25??31.

Faridawati, Ria, Cucu Eliyawati, and Rudiyanto Rudiyanto. ??SMeningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Hasil Karya Anak.⬝ Edukids: Junal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini 14, no. 1 (2017): 208??213.

Hasanah, Nurlayli, Diah Harmawati, and Afif Khoirul Hidayat. ??SMeningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet Pada Anak Kelompok B.⬝ Musamus Journal of Primary Education (October 17, 2019): 32??37.

Hurlock, Elizabeth B. Developmental Psychology. McGraw-Hill series in psychology. New York: McGraw-Hill Book, 1953.

Ningsih, Suwarti. ??SPeningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali.⬝ Jurnal Kreatif Online 2, no. 4 (March 26, 2015): 243??256.

Nurmiati, Nurmiati. ??SMeningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di TK.⬝ ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal) 1, no. 1 (January 22, 2018): 27??32.

Permatasari, Andalusia Neneng, Dinar Nur Inten, Dewi Mulyani, and Nan Rahminawati. ??SLiterasi Dini Dengan Teknik Bercerita.⬝ FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3, no. 1 (2017): 20??28.

Pratiwi, Rosalina Rizki. ??SPenerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN S4 Bandung.⬝ Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (December 19, 2016): 199??207.

Purwanto, Hary. ??SManfaat Penelitian Untuk Perkembangan Gereja.⬝ In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2016.

Rahmawati, Afiani. ??SPeningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas II SDN Mangunsari Semarang.⬝ Other, Universitas Negeri Semarang, 2013. Accessed January 7, 2020. https://lib.unnes.ac.id/19365/.

Safira, Alifia Nur, Putu Nanci Riastini, and I Ketut Dibia. ??SPengaruh Teknik Pembelajaran Storytelling Berbantuan Satua Bali Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD.⬝ MIMBAR PGSD Undiksha 5, no. 2 (2017): 1??10.

Saldaria, Elnida. ??SPeningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Berbantuan Big Book.⬝ Masters, Universitas Pendidikan Indonesia, 2017. Accessed January 7, 2020. http://repository.upi.edu.

Santoso, Eko. ??SPeningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling (Bercerita) Dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Teloyo 3 Tahun Ajaran 2012/2013.⬝ S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013. Accessed January 7, 2020. http://eprints.ums.ac.id/23635/.

Scruggs, Thomas E., and Margo A. Mastropieri. ??SMnemonic Instruction of LD Students: A Field-Based Evaluation.⬝ Learning Disability Quarterly 12, no. 2 (May 1, 1989): 119??125.

Setyarini, Sri. ??SPengembangan Model Pembelajaran Berbasis Storytelling: Sebuah Terobosan Dalam Upaya Meningkatkan Output Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini.⬝ Jurnal Penelitian Pendidikan 15, no. 2 (2015): 1??8.

Downloads

Published

2020-04-29

How to Cite

Darmawan, I Putu Ayub, and Kiki Priskila. 2020. “Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu”. KURIOS 6 (1):35-46. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.129.

Issue

Section

Articles