Hubungan Spiritualitas terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.127Keywords:
learning motivation, spirituality, theological student, mahasiswa teologi, motivasi belajar, spiritualitasAbstract
The purpose of this study was to analyze the effect of spirituality variables on student learning motivation. The method used in this research is a quantitative approach using descriptive statistics and simple linear regression statistical tests. Data collection techniques used a Likert attitude scale with four answer choices distributed to 76 students who were respondents in this study. The results showed that the Spirituality variable obtained an average score of 21.36 which was included in the high category while the Student Learning Motivation variable obtained an average score of 14.78 which was also included in the high category. The results of data processing showed that there was an influence of Spirituality variables on Student Learning Motivation by 9.9%, meaning that changes in the Learning Motivation variable by 9.9% could be explained by changes in Spirituality variables. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variabel spiritualitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap Likert dengan empat pilihan jawaban yang dibagikan kepada 76 orang mahasiswa yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Spiritualitas memperoleh skor rata-rata sebesar 21.36 yang termasuk dalam kategori tinggi sementara variabel motivasi belajar mahasiswa memperoleh skor rata-rata sebesar 14.78 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pengolahan data menunjukkan ada korelasi variabel spiritualitas terhadap moti-vasi belajar mahasiswa sebesar 9.9%, artinya perubahan dalam variabel motivasi belajar sebesar 9.9% dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel spiritualitas.References
Aritonang, Keke T. ??SMinat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.⬝ Jurnal Pendidikan Penabur 7, no. 10 (Juni 2008): 11-21.
Arwani, Agus. ??SPeran Spiritualitas dan Religiusitas bagi Guru dalam Lembaga Pendidikan.⬝ Forum Tarbiyah 11, no. 1 (Juni 2013): 79-94.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Basuki, Kasih Haryo. ??SPengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika.⬝ Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 5, no. 2 (2015): 131.
Hadi, Sutrisno. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM, 1991.
Handhika, J. ??SEfektivitas Media Pembelajaran IM3 ditinjau dari Motivasi Siswa.⬝ Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1, no. 2 (Oktober 2012): 109-114.
Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. 2007.
Mediawati, Elis. ??SPengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar.⬝ Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan 5, no. 2 (Desember 2010): 134-146.
Ningrum, Juliani Prasteya. ??SPsikologi Perkembangan Anak.⬝ Workshop Urband Neighbourhood and Children Spaces (Surakarta), 5-7 Agustus 2009.
Noerpratama, Radithya Arief dan Endang Sri Indrawati. ??SHubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA.⬝ Jurnal Empati 7, no. 2 (April 2018): 214-219.
Nurhidayah. ??SFaktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan.⬝ Jurnal JPSD 1, no. 1 (Agustus 2014): 125-145.
Nurtjahjanti, Harlina. ??SSpiritualitas Kerja sebagai Ekspresi Keinginan Diri Karyawan untuk Mencari Makna dan Tujuan Hidup dalam Organisasi.⬝ Jurnal Psikologi UNDIP 7, no. 1 (April 2010): 27-30.
Pustakasari, Endahing Noor Iman. ??SHubungan Spiritualitas dengan Resiliensi Survivor Remaja Pasca Erupsi Gunung Kelud di Desa Pandansari-Ngantang-Kabupaten Malang.⬝ Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014.
Putri, Agustin Soewitomo. ??SMenstimulasi Kualitas Kehidupan Rohani Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa: Studi Refleksi Daniel 6:1-4.⬝ DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 156.
Susanti, Lidia. ??SImplementasi Motivasi Belajar Model ARCS (Attention, Relevence, Confidence, Satisfaction) Siswa Kelas XI Di SMA Charis Malang.⬝ In Seminar Nasional Psikologi, 485??495, 2018.
Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Sufya, Dina Haya. ??SPengaruh Modal Psikologis, Budaya Organisasi dan Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior.⬝ Tesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2015.
Ulya, Iik Faiqotul, Riana Irawati, dan Maulana. ??SPeningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa menggunakan Pendekatan Kontekstual.⬝ Jurnal Pena ilmiah 1, no. 1 (2016): 121-130.