Hubungan Spiritualitas terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Yudha Nata Saputra

Abstract


The purpose of this study was to analyze the effect of spirituality variables on student learning motivation. The method used in this research is a quantitative approach using descriptive statistics and simple linear regression statistical tests. Data collection techniques used a Likert attitude scale with four answer choices distributed to 76 students who were respondents in this study. The results showed that the Spirituality variable obtained an average score of 21.36 which was included in the high category while the Student Learning Motivation variable obtained an average score of 14.78 which was also included in the high category. The results of data processing showed that there was an influence of Spirituality variables on Student Learning Motivation by 9.9%, meaning that changes in the Learning Motivation variable by 9.9% could be explained by changes in Spirituality variables.

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variabel spiritualitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap Likert dengan empat pilihan jawaban yang dibagikan kepada 76 orang mahasiswa yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Spiritualitas memperoleh skor rata-rata sebesar 21.36 yang termasuk dalam kategori tinggi sementara variabel motivasi belajar mahasiswa memperoleh skor rata-rata sebesar 14.78 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pengolahan data menunjukkan ada korelasi variabel spiritualitas terhadap moti-vasi belajar mahasiswa sebesar 9.9%, artinya perubahan dalam variabel motivasi belajar sebesar 9.9% dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel spiritualitas.

Keywords


learning motivation; spirituality; theological student; mahasiswa teologi; motivasi belajar; spiritualitas

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Keke T. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabur 7, no. 10 (Juni 2008): 11-21.

Arwani, Agus. “Peran Spiritualitas dan Religiusitas bagi Guru dalam Lembaga Pendidikan.” Forum Tarbiyah 11, no. 1 (Juni 2013): 79-94.

Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Basuki, Kasih Haryo. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 5, no. 2 (2015): 131.

Hadi, Sutrisno. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM, 1991.

Handhika, J. “Efektivitas Media Pembelajaran IM3 ditinjau dari Motivasi Siswa.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1, no. 2 (Oktober 2012): 109-114.

Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. 2007.

Mediawati, Elis. “Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan 5, no. 2 (Desember 2010): 134-146.

Ningrum, Juliani Prasteya. “Psikologi Perkembangan Anak.” Workshop Urband Neighbourhood and Children Spaces (Surakarta), 5-7 Agustus 2009.

Noerpratama, Radithya Arief dan Endang Sri Indrawati. “Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA.” Jurnal Empati 7, no. 2 (April 2018): 214-219.

Nurhidayah. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan.” Jurnal JPSD 1, no. 1 (Agustus 2014): 125-145.

Nurtjahjanti, Harlina. “Spiritualitas Kerja sebagai Ekspresi Keinginan Diri Karyawan untuk Mencari Makna dan Tujuan Hidup dalam Organisasi.” Jurnal Psikologi UNDIP 7, no. 1 (April 2010): 27-30.

Pustakasari, Endahing Noor Iman. “Hubungan Spiritualitas dengan Resiliensi Survivor Remaja Pasca Erupsi Gunung Kelud di Desa Pandansari-Ngantang-Kabupaten Malang.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014.

Putri, Agustin Soewitomo. “Menstimulasi Kualitas Kehidupan Rohani Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa: Studi Refleksi Daniel 6:1-4.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 156.

Susanti, Lidia. “Implementasi Motivasi Belajar Model ARCS (Attention, Relevence, Confidence, Satisfaction) Siswa Kelas XI Di SMA Charis Malang.” In Seminar Nasional Psikologi, 485–495, 2018.

Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Sufya, Dina Haya. “Pengaruh Modal Psikologis, Budaya Organisasi dan Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior.” Tesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2015.

Ulya, Iik Faiqotul, Riana Irawati, dan Maulana. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa menggunakan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pena ilmiah 1, no. 1 (2016): 121-130.




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.127

Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

KURIOS telah terindeks pada situs:

e-ISSN: 2614-3135

p-ISSN : 2615-739X

Copyright KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2017-2019. All Rights Reserved.

View KURIOS' Stats