Kepemimpinan dan pendidikan yang berkelanjutan: Sebuah konstruksi pendidikan kristiani dalam dialektika teologi dan kearifan lokal Batak Toba
DOI:
https://doi.org/10.30995/kur.v10i2.1066Keywords:
Christian education; contextual theology; dalihan na tolu; servant leadership; sustainable education; kepemimpinan melayani; pendidikan Kristiani; pendidikan berkelanjutan; teologi kontekstualAbstract
This research examines the construction of Christian education through the dialectic between theology and Toba Batak local wisdom in the context of sustainable leadership and education. Using qualitative library research methods, this study analyzes how the principles of servant leadership from Christian theology can be integrated with dalihan na tolu philosophy as a foundation for sustainable Christian education. The results show that dalihan na tolu values such as reciprocity, harmony, and social justice have significant theological relevance to sustainable education development. The integration of Christian theological perspectives with Batak Toba cultural wisdom creates a contextual educational model that is responsive to local identity while maintaining universal Christian values. This research contributes to the development of contextual theology in Indonesia, particularly in formulating sustainable Christian education that is rooted in local wisdom while oriented toward Education for Sustainable Development (ESD) goals.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji konstruksi pendidikan Kristiani melalui dialektika antara teologi dan kearifan lokal Batak Toba dalam konteks kepemimpinan dan pendidikan yang berkelanjutan. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan kualitatif, kajian ini menganalisis bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan melayani dari teologi Kristen dapat diintegrasikan dengan falsafah dalihan na tolu sebagai landasan pendidikan Kristiani yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dalihan na tolu seperti resiprokalitas, harmoni, dan keadilan sosial memiliki relevansi teologis yang signifikan terhadap pengembangan pendidikan berkelanjutan. Integrasi perspektif teologis Kristen dengan kearifan budaya Batak Toba menciptakan model pendidikan kontekstual yang responsif terhadap identitas lokal sekaligus mempertahankan nilai-nilai universal Kristen. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teologi kontekstual di Indonesia, khususnya dalam merumuskan pendidikan Kristiani yang berkelanjutan, berakar pada kearifan lokal, sekaligus berorientasi pada tujuan Education for Sustainable Development (ESD).
References
Aboramadan, Mohammed, Khalid Dahleez, and Mohammed H. Hamad. "Servant Leadership and Academics Outcomes in Higher Education: The Role of Job Satisfaction." International Journal of Organizational Analysis 29, no. 3 (2021): 562-584.
Adon, Mathias Jebaru. "Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan Yang Melayani." BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 100-114. https://doi.org/10.46558/bonafide.v2i1.59.
Butarbutar, Grecetinovitria Merliana, Melsa Yohana Purba, Lismawati Manik, and Sri Agustina Manalu. "Hospitalitas Kepemimpinan Kristiani dalam Falsafah Elek Marboru: Formasi Spiritualitas Pemimpin yang Menghargai Bawahan." KURIOS 9, no. 2 (2023): 512-524.
Butarbutar, Roizin Dina, dan Rolyana Milala Paungan. "Dalihan Na Tolu sebagai Sistem Kekerabatan Batak Toba dan Rekonstruksinya Berdasarkan Teologi Persahabatan Kekristenan." Dharmasmrti: Jurnal Agama Dan Kebudayaan 20, no. 2 (2020): 21-28. https://doi.org/10.32795/ds.v20i2.1019.
Estomihi, Wahyu Satria Wibowo, dan Emanuel Gerrit Singgih. "Mendengarkan Adat Batak Toba: Berteologi Kontekstual tentang Adanya Keyakinan Relasi Orang Hidup dengan Roh Leluhur." Jurnal Teologi Cultivation 9, no. 1 (2025): 90-106.
Firmando, Harisan Boni. "Kearifan Lokal Sistem Kekerabatan Dalihan Na Tolu dalam Merajut Harmoni Sosial di Kawasan Danau Toba." Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan 2, no. 2 (2021): 84-101. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i2.6997.
Greenleaf, Robert K., dan Don M. Frick. A Life of Servant Leadership. San Francisco: Berret Koehler, 2008.
Gule, Yunus, dan Erwin Pahala Surbakti. "Eco-Teosentris: Studi Eco-Teologi dan Kearifan Lokal Dalam Masyarakat Batak Toba." Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 100-116.
Hartoyo, Stephanus. "Yesus: Tuhan, Guru dan Teladan Orang Percaya." Sanctum Domine: Jurnal Teologi 4, no. 1 (2019): 1-9. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i1.13.
Lubis, Muhammad Akbar. "Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat Batak Toba Dalam Melindungi Eksistensi Danau Toba Di Mata Dunia (Kajian Hukum Progresif)." Jurnal Darma Agung 27, no. 3 (2020): 1234-1244. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i3.607.
Lumpkin, Angela, and Rebecca M. Achen. "Explicating the Synergies of Self‐Determination Theory, Ethical Leadership, Servant Leadership, and Emotional Intelligence." Journal of Leadership Studies 12, no. 1 (2018): 6-20.
MacArthur, John. Kitab Kepemimpinan, 26 Karakter Pemimpin Sejati. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Nainggolan, Mutiara, dan Made Hendra Pura. "Peranan Dalihan Natolu sebagai Tiang Penyelesaian Perkara Pidana yang Terjadi pada Masyarakat Batak Toba di Perantauan." Jurnal Hukum Positum 5, no. 2 (2020): 91-108.
Parapat, Yohanes. "Servant Leadership Dalam Organisasi Kristen: Antara Gaya Kepemimpinan dan Ciri Utama." Jurnal Teologi Praktika 2, no. 2 (2021): 91-104. https://doi.org/10.51465/jtp.v2i2.38.
Prasetiawati. "Christian Religious Education, Null Curriculum, Learning Strategies, and Inclusiveness in Indonesia." QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 14, no. 1 (2022): 207-224. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.3942.
Priyono, Charisa Dian, dan Indri Siregar. "Degradasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalihan Na Tolu pada Remaja di Kota Padangsidimpuan." Journal Education and Development 9, no. 4 (2021): 346-353.
Safitri, Annisa Oktavia, Valentina Dwi Yunianti, dan Dea Rostika. "Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)." Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7096-7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296.
Samosir, Cindy Marchelina, dan Fredik Melkias Boiliu. "Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Krisis Lingkungan Hidup." EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 1218-1226. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1761.
Schreiter, Robert J. Constructing Local Theologies. Maryknoll: Orbis Books, 1985.
Sihombing, Adison Adrian. "Mengenal Budaya Batak Toba Melalui Falsafah 'Dalihan Na Tolu' (Perspektif Kohesi dan Kerukunan)." Jurnal Lektur Keagamaan 16, no. 2 (2018): 347-371. https://doi.org/10.31291/jlk.v16i2.553.
Simanjuntak, Familia Novita. "Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan." Jurnal Dinamika Pendidikan 10, no. 2 (2017): 169-195.
Simanjuntak, Roy Martin, Niken Dewi Prananingtyas, Marianus Patora, Harry Soegijono, and Setya Hadi Nugroho. "Kesetaraan Hula-Hula dengan Boru dalam Budaya Batak Toba: Tinjauan Sosio-Teologis Galatia 3:28." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021): 404-412.
Tambunan, Fernando. "Karakter Kepemimpinan Kristen Sebagai Jawaban Terhadap Krisis Kepemimpinan Masa Kini." ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2018): 81-104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



