Transformasi Pembelajaran Sekolah Minggu yang Memerdekakan di Gereja pada Masa Kenormalan Baru
DOI:
https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.518Keywords:
Covid-19 pandemic, new normal, Sunday school, kenormalan baru, pandemi Covid-19, sekolah mingguAbstract
The Covid-19 pandemic has had an impact on various sectors of life, including religious activities. Worship and ecclesiastical ministry at a certain time must be transferred to the virtual world, including Sunday School services. After going through such a long time, finally, everyone is ready to enter the new normal. This paper aims to show a transformation of Sunday School learning in the new romantic era. Sunday School in a new era of romance. Learning in the new normal era promotes learning that is fun, effective, recreational, democratic, empathic, creative, and active, or abbreviated as so-called "MERDEKA".
Abstrak
Pandemi Covid-19 telah menghasilkan dampak di berbagai sektor kehidupan, termasuk kegia- tan keagamaan. Ibadah dan pelayanan gerejawi dalam waktu tertentu harus dialihkan ke dunia virtual, termasuk pelyanan Sekolah Minggu. Setelah melewati waktu yang begitu panjang, akhirnya semua bersiap untuk masuk pada kenormalan baru (new normal). Paper ini bertujuan untuk menunjukkan sebuah transformasi pembelajaran Sekolah Minggu di era kenromalan baru. Pembelajaran di era kenormalan baru mengusung permbelajaran yang menyenangkan, efektif, rekreatif, demokratis, empatik, kreatif, dan aktif, atau disingkat ??SMERDEKA⬝.
References
Gangel Kenneth O., 2001, Membina Pemimpin Pendidikan Kristen , Malang, Gandum Mas Groome, Thomas H., Christian Religious Education; Berbagi Cerita & Visi Kita, terj. Daniel
Stefanus, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010
Homrighausen, E.G. dan Enklaar I.H, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia,
Lafendry Ferdinand, 2019, Guru Kreatif yang menyenangkan Pada Era Milenial, Jakarta, Jakarta,
Salemba Humanika
Laheba, Novelina, Guruku Sahabatku, Panduan Mengajar Kreatif untuk Guru Sekolah Minggu,
Jogjakarta: ANDI, 2007
Lie, Paulus, Mereformasi Sekolah Minggu, 8 Kiat untuk Menjadikan Sekolah Minggu Berpusat
Pada Anak, Yogjakarta: ANDI, 2003).
Mangunwijaya, Y.B., 2020, Sekolah Merdeka, Jakarta, Buku Kompas
Mulyasa H.E., 2020, Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Aksara Nainggolan, J.M., Strategi Pembinaan Warga Gereja, Bandung: Generasi Info Media, 2008. Palmer, Parker J., Keberanian Mengajar, Menjelajah Ruang Nurani Kehidupan Guru, Jakarta:
Indeks, 2009.
Pilland, Harry M., Basic Sunday School Work, Nashville Tennesse: Baptis Book Store, 1987. Price J.M., 2011, Yesus Guru Agung, Terj. Jachin Karuniadi, Bandung, Yayasan Literatur Baptis. Sidjabat B.S., 2009, Mengajar Secara Prpfesional; Mewujudkan Visi Guru Profesional, Bandung,
Yayasan Kalam Hidup.
Utami Ditta Widya dan Indrajit R.E., 2020, Menyongsong Era Baru Pendidikan, Yogyakarta,
ANDI
Woltersstorff N.P., 2010, Mendidik Untuk Kehidupan, Surabaya, Momentum