Melatih Paduan Suara secara Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.516Keywords:
church music, creative choir, choir, paduan suara, paduan suara kreatif, musik gerejaAbstract
Training the choir is one of the ones conducted to help everyone who in terms of singing, to prepare itself to achieve objectives have been very low. Train a chorus that good is the one conducted with full of creativity, to produce maximum results to meet calls will be the task and responsibility of the chorus in his ministry.
Abstrak:
Melatih paduan suara merupakan salah satu proses yang dilakukan untuk membantu setiap orang yang kurang dalam hal bernyanyi, untuk mempersiapkan dirinya mencapai tujuan yang maksimal. Melatih paduan suara yang baik adalah proses yang dilakukan dengan penuh kreativitas, sehingga menghasilkan hasil yang maksimal untuk memenuhi keterpanggilan akan tugas dan tanggung jawab paduan suara dalam pelayanannya.
References
Putri D. M. Rizki, (2013). Upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara melalui pelatihan solfegio pada siswa kelas VII smp negeri 2 pangkah kabupaten tegal. Jurnal. 32.
Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius. Hlm. 180.
Kurniawan C. Suharto, Raharjo E. (2019). Peran pelatih dalam membangun pelatihan paduan
suara yang menyenangkan di paduan suara Voice Of Conservation (VOC) Universitas
Negeri Semarang. Jurnal. 8(1), 13-21. 10.15294/jsm.v8i1.29207
Kartika Wahyu, Mering Aloysius, Sanulita Henny. (tanpa tahun). Analisis peran pelatih paduan suara dalam meningkatkan keterampilan menyanyi peserta paduan suara di smk. 1-8
Picanussa B. E. (tanpa tahun). Direksi dalam musik. Seni Memimpin Kelompok Musikal (musik vokal, musik instrumental, gabungan musik vokal dan instrumental). hlm. 4-5
Nurlaela et al. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Jakarta utara: PT Media guru digital Indonesia. hlm. Iii.
Ibid,. hlm. 58
Rudyanto H. E. (2014). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan
karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal. 4(01), 41-48.
25273/pe.v4i01.305
Mardhiyana Dewi, Sejati E. O. Wahani (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif
dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal. 672-688.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Muhni D. A. Imam (1997). Manusia dan kepribadiannya (Tinjauan filsafat). Jurnal. 19-29. https://repository.ugm.ac.id/23822/
Siahaan Rohani (2005). Peranan paduan suara gereja dalam memperkukuh spiritualitas dan memberi konstribusi bagi ibadah jemaat. Jurnal. 3(1), 47-54. 10.25278/jj71.v3i1.143