Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan bagi Anak Remaja
DOI:
https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.510Keywords:
character, environment care, family role, youth, karakter, peduli lingkungan, peran keluarga, remajaAbstract
Environmental care character education in the family is the education that teaches children to get to know the environment which aims to increase children??"s awareness and love for their environment. There are several indicators of environmental care that must be applied in the family, namely; a) maintaining the cleanliness of the home environment, b) maintaining plants properly without stepping on or damaging them, c) throwing garbage in the right place. The purpose of this paper is to provide a description of growing children??"s character t be able to maintain, preserve and care for the environment for teenagers who are still far from what is expected or still lack the lack of value in terms of roles and responsibilities as parents that still exist to shape and build good children character. This lack f parental attention and assistance to the child cause the child??"s character to decline which has an impact on attitudes and behavior in his daily life, both for himself and the environment in which he is located.
Abstrak
Pendidikan karakter peduli lingkungan dalam keluarga adalah pendidikan yang mengajarkan anak untuk mengenal lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan anak terhadap lingkungannya. Adapun beberapa indikator sikap peduli lingkungan yang harus diterapkan dalam keluarga yaitu antara lain: a) menjaga kebersihan lingkungan rumah, b) memelihara tumbuh-tumbuhan dengan baik tanpa menginjak atau merusaknya, c) membuang sampah tepat pada tempatnya. Tujuan dari tulisan ini memberikan uraian dalam menumbuhkan karakter anak untuk dapat menjaga, melestarikan dan peduli terhadap lingkungan bagi Anak remaja yang masih jauh dari apa yang diharapkan atau masih kurangnya nilai dari sisi peran dan tanggung jawab sebagai orang tua untuk membentuk dan membangun karakter Anak yang baik. Kurangnya perhatian dan pendampingan orang tua terhadap Anak inilah, yang mengakibatkan karakter Anak merosot yang berdampak pada sikap dan tingkah laku dalam keseharian hidupnya, baik untuk diri sendiri maupun terhadap Lingkungan dimana Ia berada.
References
Bahrudin Supardi, (2009) Berbakti Untuk Bumi, Bandung:
Bijewidjajanto⬝Pengertian pendidikan karakter⬝ Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2003, hal 4.
Daryanto & Darmiatun S, (2013) Implementasi Pendidikan Karkater di Sekolah, Yogjakarta: Gava Media.
Esti Apriliyana, (2016) Kajian Teori Peduli Lingkungan Sekolah , Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.
H. Mahmud, (2015) Pendidikan Lingkungan Sosial dan Budaya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Imam Suprayogo, Tobroni, ( 2001) Metode penelitian Sosial agama cet. 1, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Jonathan schell, the faith of the earth, New York :avon books, 1982 hlm.99 Jesika Manusiwa, (2017) Sadar Lingkungan, SKRIPSI STAKPN, Ambon .
Lexy J, Moleong, (2002) Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mathew. B. Milles, (1992) Analisa data kualitatif, Jakarta, Bumi aksara, 15-19 Purwanto dalam Binti Maunah, Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Sukses Offset, 2019.
Rachmad K.dwi Susilo, (2009) Sosiologi Lingkungan, Jakarta: Rajawali Pers.
Http, ( 1 Juni 2020) Peduli Lingkungan Peduli, blogspot.co.id Http, ( 1 juni 2020) Respository, ump.ac.id, 1454 3 ESTI
Tobroni ??S Pendidikan karakter dalam perspektif Islam ⬝ http://tobroni.staff.umum.ac.id