Pandemi, Pendidikan, dan Pemulihan: Mindfulness sebagai Model Pendidikan yang Memulihkan dalam Konteks Indonesia di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.502Keywords:
education, mindfulness, the Covid-19 pandemic, recovery, pandemi Covid-19, pemulihan, pendidikanAbstract
The Covid-19 pandemic with all the problems it brings has changed various dimensions of human life, including the world of education. The teaching and learning process that has taken place for more than a year has created new problems. One of them is that educators and students experience various distractions and do not really focus on the teaching and learning process in virtual spaces. As a result, both teachers and students become tired and everything they do becomes routine. This paper wants to show that mindfulness can be an alternative that needs to be considered as a perspective in education because mindfulness shows the human side and recovery from education in the Covid-19 pandemic era. Mindfulness education and mindfulness practices that are intentionally integrated into curriculum design and learning processes during this pandemic create adequate space for everyone, both educators and students, to engage with full awareness in the learning process and in life activities. daily life, sharpening the sensitivity of educators and students to what is happening to themselves and their surrounding environment, as well as determining appropriate responses to these various situations.
Abstrak
Pandemi Covid-19 dengan segala problematika yang dibawa sertanya telah merombak berba-gai dimensi kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Proses belajar mengajar yang terjadi sela-ma satu tahun lebih ini telah menciptakan berbagai masalah baru. Salah satunya adalah para pendidik maupun naradidik mengalami berbagai distraksi dan tidak menjadi benar-benar fokus pada proses belajar-mengajar di ruang-ruang virtual. Akibatnya, pengajar maupun pembelajar menjadi kelelahan dan segala yang dilakukan menjadi rutinitas saja. Tulisan ini ingin memperlihatkan bahwa mindfulness (ber-kesadaran penuh) dapat menjadi sebuah alternatif yang perlu dipertimbangkan sebagai sebuah perspek-tif dalam dalam pendidikan karena mindfulness memperlihatkan sisi kemanusiaan dan pemulihan dari sebuah pendidikan di era pandemi Covid-19. Pendidikan berperspektif mindfulness dan praktik-praktik mindfulness yang diintegrasikan secara sengaja dalam desain kurikulum dan proses pembelajaran di masa pandemi ini menciptakan ruang yang memadai bagi setiap orang, baik pendidik maupun nara-didik, untuk terlibat dengan kesadaran penuh dalam proses pembelajaran maupun dalam aktivitas kehi-dupan sehari-hari, mengasah kepekaan pendidik maupun naradidik atas apa yang sedang terjadi pada diri dan lingkungan sekitarnya, serta menentukan respons yang tepat terhadap berbagai situasi tersebut.
References
Amalia, Andina dan Nurus Sa??"adah. ??SDampak Pandemi COVID-19 terhadap Kegiatan
Badan Pusat Statistik. ??STingkat Pengangguran Terbuka Menurut Provinsi (Persen), 2020-2021.⬝ https://www.bps.go.id/indicator/6/543/1/tingkat-pengangguran-terbuka-menurut-provinsi.html (diakses 30 Juli 2021)
Belajar Mengajar di Indonesia. ⬝ Jurnal Psikologi 13, no. 2 (Desember 2020): 214-225.
Berila, Beth. Integrating Mindfulness Into Anti-Oppression Pedagogy: Social Justice in Higher Education. New York: Routledge, 2016.
Burnett, Richard. ??SMindfulness in Secondary Schools: Learning Lesson from The Adults, Secular and Buddhist.⬝ Dalam Buddhist Studies Review 28, no. 1 (2011): 79-121.
Burch, Vidyamala dan Claire Irvin. Mindfulness for Women: Declutter Your Mind, Simplify Your Life, Find Time To Be. London: Piatkus, 2016.
Bush, Mirabai. ??SMindfulness in Higher Education.⬝ Dalam Contemporary Buddhism 12, no. 1 (May 2011): 183-197.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. ??SDampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar.⬝ Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no.1 (April 2020): 55-61.
Fauziyyah, Rifa, Rinka Citra Awinda, dan Besral. ??SDampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19.⬝ Bikfokes 1, no. 2 (2021): 113-123.
Hanh, Thich Nhat. The Art of Power: Otoritas, Kekuasaan, dan Tanggung Jawab. Terj. Jenty Siswanto. Jakarta: Karaniya, 2015.
Haynes, Deborah J., Katie Irvine, dan Mindy Bridges. ??SThe Blue Pearl: The Efficacy of Teaching Mindfulness Practices to College Students.⬝ Dalam Buddhist-Christian Studies 33 (2013): 63??82.
Hyland, Terry. Mindfulness and Learning: Celebrating the Affective Dimension of Education. New York: Springer, 2011.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ??SDampak Negatif Satu Tahun PJJ, Dorongan Pembelajaran Tatap Muka Menguat.⬝ https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/dampak-negatif-satu-tahun-pjj-dorongan-pembelajaran-tatap-muka-menguat (diakses 30 Juli 2021).
Komnas Perempuan. ??SSiaran Pers Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan Menyambut Perayaan Hari Kartini ( 21 April 2021).⬝ https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komisi-nasional-anti-kekerasan-terhadap-perempuan-menyambut-perayaan-hari-kartini-21-april-2021 (diakses 30 Juli 2021).
Kontan.co.id. ??SBPS Catat Jumlah Pengangguran per Februari 2021 Bertambah 1,82 Juta Orang.⬝ https://www. nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-jumlah-pengangguran-pada-februari-2021-bertambah-182-juta-orang (diakses 30 Juli 2021).
Langer, Ellen. The Power of Mindful Learning. Boston, MA: Da Capo Lifelong Books, 2016.
Lau, Ngar-sze dan Ming-tak Hue. ??SPreliminary Outcomes of a Mindfulness-based Programme for Hong Kong Adolescents in Schools: Well-being, Stress and Depressive Symptoms.⬝ Dalam International Journal of Children??"s Spirituality 16, no. 4 (November 2011): 315-330.
Maharani, Ega Asnatasi. ??SEkplorasi Mindful Teaching sebagai Strategi Inovatif dalam Pembelajaran Bagi Guru PAUD.⬝ Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo (2015): 152-158.
Ramasubramanian, Srividya. ??SMindfulness, Stress Coping and Everyday Resilience Among Emerging Youth in a University Setting: A Mixed Methods
Approach.⬝ International Journal of Adolescence and Youth 22, no. 3 (2017): 308??321.
Schoeberlein, Deborah dan Suki Sheth. Mindful Teaching and Teaching Mindfulness: A Guide for Anyone Who Teaches Anything. Boston: Wisdom Publications, 2009.
Yazid, Hendri dan Neviyarni. ??SPengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Akibat COVID-19.⬝ Jurnal Human Care 6, no. 1 (Februari 2021): 207-2013.
Young, Shinzen. ??SWhat is Mindfulness?: A Contemplative Perspective.⬝ Dalam Handbook of Mindfulness in Education: Integrating Theory and Research into Practice, peny. Kimberly A. Schonert-Reichl dan Robert W. Roeser, 29-46. New York: Springer, 2016.
Zajonc, Arthur. ??SContemplation in Education.⬝ Dalam Handbook of Mindfulness in Education: Integrating Theory and Research into Practice, peny. Kimberly A. Schonert-Reichl dan Robert W. Roeser, 17-28. New York: Springer, 2016.