Digital storytelling: Menstimulasi minat spiritualitas pada anak Generasi Alfa di era posdigital

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v10i2.1064

Keywords:

digital storytelling: postdigital church; spirituality interest; spirituality of generation Alpha; gereja posdigital; minat spiritualitas; spiritualitas generasi Alfa

Abstract

The issue of the spirituality of Generation Alpha children must start by mapping their digital-based interests. One way to increase interest in the process of learning Christian education is through a storytelling approach. This article offers digital-based storytelling to build and develop the spiritual interests of Generation Alpha children. This article uses a literature study through descriptive searches on various research references on storytelling and Generation Alpha in the post-digital era. Research shows the power of storytelling in improving the abilities of Generation Alpha children. We conclude that the spirituality of Generation Alpha begins with the interest in spirituality itself, which can be stimulated through digital storytelling.

 

Abstrak

Persoalan spiritualitas anak generasi Alfa harus dimulai dari memetakan minat mereka yang berbasis digital. Salah satu cara untuk meningkatkan minat dalam proses belajar pendidikan kristiani adalah dengan pendekatan storytelling. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan penggunaan storytelling bebasis digital guna membangun hingga mengembangkan minat spiritualitas anak generasi Alfa. Artikel ini menggunakan studi pustaka, melalui penelusuran secara deskriptif pada berbagai referensi hasil riset tentang storytelling dan generasi Alfa di era posdigital. Penelusuran riset memperlihatkan kekuatan storytelling dalam meningkatkan kemampuan anak generasi Alfa. Kami menyimpulkan bahwa spiritualitas generasi Alfa dimulai dari minat spiritualitas itu sendiri, yang dapat distimulasi melalaui digital storytelling.

References

Adillah, Rani, Nurul Arfika, Fince Putri Yeni Purba, and Anita Yus. "Analisis Media Belajar Digital di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka." Jurnal Generasi Ceria Indonesia 1, no. 2 (2023): 84-88.

Anggraeni, Dwiyani, and Ika Juhriati. "Gaya Pengasuhan yang Sesuai untuk Anak Usia Dini Pada Generasi Alpha." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 3014-3020.

BJ, Nur Amirah. "Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Digital Storytelling." Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 5, no. 2 (2023): 1347-1352.

Budiarti, Erna, Dian Farista, Diana Indah Palupi, Ludgardis Wonga Wara, Siti Agustiani Rubiah, and Umi Harti. "Storytelling One Day One Book Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun." Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 12 (2022): 1091-1101.

Christine, Canny, Karnawati Karnawati, and Debora Nugrahenny. "Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Generasi Alfa Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial." EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 2 (2021): 235-250.

Depari, Boy Aribana, Duman Care Khrisne, and Putu Arya Mertasana. "Rancang Bangun Storytelling Game Visual Novel Alkitab Injil Matius." Jurnal SPEKTRUM Vol 10, no. 1 (2023).

Firnando, Nehemia Bima, and Dina Kristiani. "Peran Media Audio Visual dalam Pertumbuhan Rohani Anak Sekolah Minggu," MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2023): 107-116.

Hale, Merensiana. "Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Kristiani Bagi Generasi Alpha." Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 1-13.

Haqq, Taufan Akbar. "Hubungan antara intensitas bermain game online terhadap agresivitas remaja awal di warnet “A, B dan C” Kecamatan Lowokwaru Kota Malang." PhD diss., Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Ilat, Irene Preisilia, Sylvana Talangamin, and Kartini Aprilia Wullur. "Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Sekolah Minggu Di Era Digital (Penggunaan Media Pembelajaran Superbook Bagi Anak Usia 6-12 Tahun)." Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 2, no. 2 (2021): 1-9.

Jeujanan, Christina, and Joane Jenie Ansaka. "Memelihara Spiritualitas Generasi Alfa: Pembelajaran Inovatif Guru Sekolah Minggu Berbasis Media Video." Tumou Tou 11, no. 2 (2024): 94-105.

Lundby, Knut. "Mediatizing Faith: Digital Storytelling on the Unspoken 1." In Mediating Faiths, pp. 49-62. Routledge, 2016.

Maulida, Utami. "Pergeseran Makna Kata pada Komunikasi Generasi Alpha sebagai Kontestasi Identitas." KODE: Jurnal Bahasa 11, no. 1 (2022): 38-49.

Muslim, Asbullah. "Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 3 (2022): 519-535.

Nadhifah, Shofiatu, Zulaikha Rahmawati, Muhammad Isnanda Hamada Ramadhan, and Rio Kurniawan. "Peran Moderasi Beragama Dalam Pembentukan Akhlak Generasi Alpha Di Era Digital." AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 6, no. 01 (2024): 54-69.

Nugroho, Joko, and Dingot Hamonangan Ismail. "Strategi Membangun Keterampilan Berpikir Kritis untuk Generasi Alpha Z." Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 7, no. 1 (2024): 46-55.

Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. "Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja." BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019): 193-208.

Pattipeiluhu, Krislina, and Riski Tasijawa. "Fungsi Kontrol Keluarga Kristen dan Pembentukan Karakter Anak Generasi Alpha: Sebuah Studi Kasus di GKI EL-ROI Sentani." Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2024): 40-53.

Prayitno, Sugeng, and Ferdinan Pasaribu. "Generasi Alpha: Sebuah Pola Pendekatan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Melakukan Pendidikan Karakter, Moral dan Kerohanian Peserta Didik." SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 16, no. 2 (2023): 225-237.

Prismanata, Yoga, and Dewi Tinjung Sari. "Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfa pada Era Society 5.0." In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, vol. 2, no. 1, pp. 37-43. 2022.

Putri, Siska Rahma, and Delfi Eliza. "Pengaruh Storytelling terhadap Karakter Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun." Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2023): 651-665.

Rikhye, Ravi, Sean Cook, and Zane L. Berge. "Digital natives vs. digital immigrants: Myth or reality." International Journal of Instructional Technology and Distance Learning 6, no. 2 (2009): 3-10.

Sakoan, Siskawaty. "Agama dan Pembentukan Karakter Generasi Alfa di Era Postdigital." Jurnal Teruna Bhakti 6, no. 2 (2024): 178-188.

Samosir, Lediman Br, Julita Herawati, and Rotua Samosir. "Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina HKBP Tarutung." Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial 1, no. 6 (2023): 107-122.

Sari, Dian Desmufita. "Mendidik Generasi Alpha Dalam Membangun Sikap Mandiri, Sosial Dan Tanggung Jawab," PhD Dissertation, IAIN Bengkulu, 2020.

Shaleha, Imroatun, and Nur Riani. "Penerapan Pola Asuh Demokratis dalam Menumbuhkan Minat Baca Generasi Alpha," Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi 15, no. 2 (2023): 132-150.

Sururin, Anis, and Talabudin Umkabu. "Implementasi Metode Cerita dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini." Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education (2023): 48-56.

VanSlyke, Timothy. "Digital natives, digital immigrants: Some thoughts from the generation gap." The technology source 7, no. 3 (2003).

Yusuf, Wa Ode Yahyu Herliany, Widia Wati Bustaming, Farnisa Rahmatia, Zanurhaini Zanurhaini, Anissa Nur Salawati, Yeni Yeni, Rini Rini, and Maliati Maliati. "Pengasuhan Ideal Bagi Generasi Alpha." ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri 2, no. 1 (2024): 32-45.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Sidabutar, Dewi Lidya, and Didimus Sutanto B. Prasetya. 2024. “Digital Storytelling: Menstimulasi Minat Spiritualitas Pada Anak Generasi Alfa Di Era Posdigital”. KURIOS 10 (2):529-36. https://doi.org/10.30995/kur.v10i2.1064.

Issue

Section

Articles