Journal History

KURIOS adalah Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen yang dibuat oleh Sekolah Tinggi Teologi Pelita Bangsa pada Oktober 2017, dan memperoleh ISSN online pada 12 Desember 2017, dengan no ISSN: 2614-3135 (online).

KURIOS merupakan kelanjutan dari Jurnal versi cetak yang sudah ada sebelumnya, terbit sejak Oktober 2013. KURIOS versi cetak awalnya terbit setahun sekali, dan telah memasuki Volume 3 pada Oktober 2015. Sejak 2016 STT Pelita Bangsa, sebagai pengelola dan Publisher KURIOS bertekad untuk mengembangkan versi jurnal menjadi e-journal (online) sesuai ketentuan yang berlaku untuk akreditasi jurnal nasional. Itu sebabnya, sejak tahun 2016-2017 KURIOS vakum, dan berencana mulai terbit lagi pada Maret 2018, setelah memperoleh ISSN online pada Desember 2017.

Pada Februari 2018 KURIOS mengunggah (upload) semua artikel dari versi Jurnal Cetak sebanyak 3 Volume secara Quick Submit. KURIOS juga telah melakukan registrasi atau indeksasi ke Google Scholar dan PKP (Penyedia OJS), serta mendaftarkan diri ke Situs Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional), sebagai persyaratan untuk mengajukan akreditasi nantinya.

Mulai tahun 2018 ini, sesuai dengan data pada ISSN PDII LIPI, KURIOS akan terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada April dan Oktober. April 2018 ini KURIOS akan mulai dengan Vol. 4, No. 1.

Pada bulan Maret 2018, KURIOS mengajukan ISSN cetak untuk memperbaharui versi yang sama terdahulu. Pada tanggal 7 Maret 2018 memperoleh ISSN Cetak dengan nomor: 2615-739X. Di bulan yang sama KURIOS mendaftarkan indeksasi pada Crossref, dan berhasil memperoleh DOI untuk terbitan Quick Submit yang telah published pada 26 Maret 2018.

Pada tanggal 11 April 2018, KURIOS publish Vol. 4, No. 1, dengan 6 author. Pada edisi ini KURIOS telah menggunakan tampilan cover versi cetak yang baru seperti yang ditampilkan pada icon thumbnail volume 4 ini.

Mulai Volume 6 (April 2020) KURIOS menambah jumlah artikel yang diterbitkan menjadi 10-15 per edisi. Hal ini dilakukan karena tingginya minat para akademisi di bidang ilmu Teologi dan Pendidikan Kristiani yang melakukan submission, baik untuk kebutuhan peningkatan publikasi dosen maupun memenuhi persyaratan studi di tingkat Doktoral.

Awal 2021 website KURIOS, melalui induknya sttpb.ac.id melakukan pindah hosting, sehingga terjadi beberapa dampak terhadap naskah, selain nama di Crossref (Dimensions) juga mengalami perubahan menjadi hanya: Kurios.

Chief Editor bersama Managing Editor dan beberapa Editorial Board lainnya melakukan kebijakan untuk menambah jumlah artikel terbitan di KURIOS menjadi 20-25 mulai Volume 7 No 2. Hal ini dilakukan demi mempertimbangkan beberapa hal penting di lingkungan pendidikan teologi di Indonesia, seperti meningkatnya jumlah submission sebagai dampak dari persyaratan untuk peningkatan karir dosen (Publikasi pada Jurnal Sinta 2), selain persyaratan studi Doktoral pada institusi Teologi atau bidang ilmu yang terkait, dan juga luaran dari hasil penelitian para dosen. Sampai saat ini, kebutuhan publikasi pada Jurnal Sinta 2 tidak berbanding lurus dengan tersedianya Jurnal Sinta 2 (sampai 2021 ini masih hanya ada 3 Jurnal Sinta 2) di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, sehingga penambahan jumlah artikel terbitan tidak dapat dihindari. Pada Edisi ini juga KURIOS melakukan perubahan copyright menjadi milik authors.

Pada Edisi terbitan Volume 8, No 2, Oktober 2022, KURIOS melakukan beberapa perubahan dalam tampilan layout (pdf), yakni pada font-nya. Hal ini dilakukan agar pada tampilan pdf yang terbaru tulisan yang memuat hyperlink dapat berfungsi dengan baik.