Peningkatan Kemampuan Para Dosen dalam Melakukan Tridharma sebagai Syarat Menuju Standar Pendidikan Keagamaan yang Unggul di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan

Authors

  • Cerly Mariana Damanik Prodi Teologi, Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan
  • Fransiskus Irwan Widjaja Prodi Teologi, Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Talizaro Tafonao Prodi PAK, Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Rita Evimalinda Prodi PAK, Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Ardianto Lahagu Prodi PAK, Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Handreas Hartono Sekolah Tinggi Teologi Pelita Bangsa, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30995/.v1i2.587

Abstract

This activity stems from complaints from the Foundation and lecturers at Bethel Theological College Medan, which has been established for almost 25 years and has graduated a thousand alumni, but is very difficult in governance and implementation of the tridharma of higher education, especially regarding the writing of scientific papers online. Based on this need, this campus holds lecturer development activities, especially in the tridarma and specifically writes scientific papers as an urgent need in the world of education and in improving the competence of lecturers. The purpose of this service is to improve the skills or knowledge of partners/lecturers at the Bethel Theological College Medan about doing the tridharma as a condition towards superior religious education standards at STT Bethel Medan. The method used is the face-to-face lecture method, question and answer, discussion. Even though this activity was carried out during a pandemic, this activity had a very positive impact on partners/lecturers in growing interest in doing community service and writing scientific papers even though their performance was not as good as expected.

 

Abstrak

Kegiatan ini bermula dari dari keluhan Yayasan dan para dosen di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan yang telah berdiri hampir 25 tahun dan telah meluluskan seribu alumni, tetapi sangat kesulitan dalam tata Kelola dan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, khususnya tentang penulisan karya ilmiah yang dipublikasi. Berdasarkan kebutuhan itu, kampus ini mengadakan kegiatan pembinaan dosen khususnya dalam tridarma dan secara spesifif menulis karya ilmiah sebagai kebutuhan yang urgen dalam dunia pendidikan serta dalam meningkatkan kompotensi para dosen. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan atau pengetahuan para mitra/dosen di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan tentang melakukan tridharma sebagai syarat menuju standar Pendidikan keagamaan yang unggul di STT Bethel Medan. Metode yang digunakan adalah metode ceramah tatap muka, tanya -jawab, diskusi. Sekalipun aktivitas ini dilakukan pada pandemi, namun kegiatan ini sangat berdampak positif kepada mitra/dosen dalam menumbuhkan minat dalam melakukan pengabdian masyarakat dan menulis karya ilmiah sekalipun kinerja mereka tidak semaksimal yang diharapkan.

 

 

References

Hengki Primayana, Kadek. ??SManajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi.⬝ Jurnal Penjaminan Mutu 1, no. 2 (2016): 7.

Lian, Bukman. ??STanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat.⬝ In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2:100??106, 2019.

Lukman, Suminar Setiadi Ahmadi, Wasmen Manalu, and Deden Sumirat Hidayat. Pedoman Publikasi Ilmiah Pedoman 2019. Jakarata: Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektua, 2019.

Mukti, Ali Ghufron. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen 2019. Jakarta: RistekDikti, 2019.

Nafilatur Rohmah, Muhammad Huda A.Y, Kusmintardjo. ??SStrategi Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Penulisan Karya Ilmiah ( Studi Multi Kasus Pada UNISDA Dan STAIDRA Di Kabupaten Lamongan).⬝ Jurnal Pendidikan 1, no. 7 (2016): 1312??1322.

Nurkhaerani, R., Wijayanto, H., & Syah, D. ??SEksplorasi Kinerja Dosen Tersertifikasi Dalam Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi Di Indonesia.⬝ Xplore: : Journal of Statistics 1, no. 2 (2013): 1??8.

Seprini, and Isa Setya Ningrum. ??SStrategi Meningkatkan Kompetensi Dosen Universitas Pasir Pengaraian Melalui Pendidikan Dan Pelatihan.⬝ Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 3, no. 2 (2014): 117??138.

Sridana, Nyoman, Sudirman Wilian, and Dadi Setiadi. ??SSistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA).⬝ Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 1, no. 1 (2018).

Tafonao, Talizaro, Fransiskus Irwan Widjaja, and Fredy Simanjuntak. ??SPEMBINAAN KARIR DOSEN: Trik Dan Tips Menulis Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Kompetensi Dosen Di Sekolah Tinggi Teologi Nias.⬝ In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, 1109??1118. Tasikmalaya: RCI Publisher, 2021.

Tafonao, Talvin T, and Fransiskus Irwan Widjaja. ??SPembinaan Dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Kalangan Dosen Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta.⬝ Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 3 (2021): 127??134.

Widjaja, Fransiskus Irwan, and Fredik Melkias Boiliu. ??SThe Use of Technology According to Christian Faith in The Era of Industrial Revolution 4.0.⬝ In 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 5??10. Jakarta: Atlantis Press, 2021.

Yuliawati, Sri. ??SKajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi Di Indonesia.⬝ Widya 2, no. 3 (2012): 28??33.

Downloads

Published

2021-11-14

Issue

Section

Articles